•   Jumat, 6 Desember 2019
Ekonomi NKRI

Ada Ruang Buat BI Pangkas Suku Bunga, Akan di Manfaatakan Tidak Ya?

( words)
Gedung Bank Indonesia SP/Sndo


SURABAYAPAGI.com - Setelah memangkas suku bunga hingga 5.50 persen pada Agustus lalu, Bank Indonesia kini tengah diprediksi akan memangkas suku bunga hingga 5,25 persen.

Pemangkasan suku bunga ini dilakukan oleh BI akibat terbukannya ruang pelonggaran kebijakan suku bunga. Akankah BI bakal lakukan pemangkasan lagi?

Menurut Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro, dengan kondisi inflasi dalam negeri yang terkendali, Bank Indonesia memiliki ruang untuk kembali memangkas suku bunga 25 basis poin.

"BI ada ruang memangkas lagi sampai 5,25% dan menurunkan cost of borrowings perusahaan," kata Andry di Plaza Mandiri, Senin (9/9/2019).

Dia menyatakan bahwa Indonesia masih menjadi negara emerging market yang relatif stabil sepanjang perang dagang dan perlambatan ekonomi global.

"Sekarang memang Indonesia pertumbuhannya 5,06% pada 2019, peluangnya bagaimana mendorong sisi household spending," kata Andri.

Tercermin dari inflasi Agustus sebesar 3,49%, yang masih di bawah target 3,5% sampai 4,5%. Selain itu, dari sejumlah momentum krisis dunia, Indonesia juga relatif masih baik.

Kenaikan inflasi pada Agustus 2019 juga dikarenakan tekanan pada harga emas. Menurut Andri, kenaikan harga emas semata karena kondisi emas sebagai komoditi safe heaven bagi investor.

Berita Populer