•   Senin, 16 Desember 2019
Bisnis Makro

Awal Bulan, Emas Naik Ke Level Tertinggi

( words)
Ilustrasi emas


SURABAYAPAGI.com - Emas diperdagangkan dekat level tertinggi awal bulan, di sekitar $1306, pada Rabu (13/3/2019) pagi. Logam kuning melintasi simple moving average (SMA) 50-hari untuk pertama kalinya sejak November 2018 ketika komunikasi terbaru dari para pembuat kebijakan AS mengenai kesepakatan perdagangan dengan China bergabung dengan pasar yang sedang dipusingkan oleh drama Brexit.
Setelah menyaksikan kekalahan lain di parlemen, PM Inggris Theresa May mengumumkan langkah selanjutnya. Pernyataan PM mengisyaratkan pemungutan suara Rabu untuk meninggalkan UE tanpa-kesepakatan, yang jika gagal dapat menyebabkan babak pemungutan suara lainnya pada hari Kamis terkait dengan memperpanjang batas waktu Pasal 50 mulai 29 Maret.
Pound British (GBP) turun setelah pengembangan dan memicu pergerakan risk-off, yang pada gilirannya mendukung emas.
Menambah sentimen, komentar para pembuat kebijakan UE menimbulkan pertanyaan tentang aliran pembicaraan Brexit di masa depan sedangkan beberapa di antara kelompok politik Inggris secara aktif berusaha untuk menggulingkan PM May dari kursinya.
Meskipun sudah beberapa hari sejak kita memiliki komentar kuat tentang prospek kesepakatan perdagangan AS-China, Selasa malam menandai kembalinya spekulasi. Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo adalah yang pertama dicatat. Lighthizer dilaporkan mengatakan bahwa negosiasi perdagangan antara AS dan China mendekati solusi tetapi sangat dekat dengan fase kritis. Di sisi lain, Pompeo mengkritik China dan menaikkan hambatan di antara kedua negara adidaya.
Bahkan jika peluang yang lebih sedikit mendukung 29 Maret Brexit seperti sekarang, perkembangan positif di parlemen Inggris bisa menjadi kunci untuk menenangkan penghindaran risiko sedangkan berita yang memberi sinyal perdamaian perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia dapat membantu menarik kembali penjual Emas.

Berita Populer