•   Selasa, 17 September 2019
Kesehatan

Begini Cara Mencegah Kulit Kering Saat Hawa Dingin

( words)


SURABAYAPAGI.com - Musim hujan sudah tiba. Di musim penghujan, hawa biasanya akan terasa lebih dingin.

Hawa yang dingin ini bisa membuat kulit menjadi kering. Namun jangan khawatir, ada lima cara mudah untuk mencegah kulit kering. Dikutip dari The Guardian, berikut lima solusi bagi anda yang tak ingin punya kulit kering

Tutupi kulit

Udara yang dingin dan kering sepanjang musim hujan membuat kandungan air dalam kulit menguap lebih cepat. Ilmuwan memperkirakan kulit kehilangan 25 persen kemampuannya menahan air di udara yang dingin. Oleh karena itu tak heran kulit jadi kering dan kisut. Anda bisa mencegahnya dengan menutupi kulit dengan kain atau memilih pakaian yang tertutup saat berada di luar ruangan.

Hindari air hangat

Mandi dengan air hangat di udara yang dingin memang menyenangkan. Namun semakin tinggi suhu air maka semakin banyak pula minyak yang terkikis dari kulit. Oleh karena itu saat ingin mandi air hangat pastikan air yang akan digunakan tidak terlalu panas. Cukup gunakan air hangat-hangat kuku.

Batasi waktu mandi hanya sekitar 10 menit dan jangan gunakan spons mandi atau scrub karena bisa membuat kulit iritasi. Saat mengeringkan badan, jangan gunakan handuk dengan cara digosok. Agar kulit tetap sehat, gunakan handuk dengan cara menepuk-nepuknya ke seluruh badan.

Pelembab

Mengoleskan pelembab adalah cara paling efektif menjaga kulit dari kekeringan. Pilihlah produk yang mengandung lactic acid atau ammonium lactate karena bahan-bahan tersebut dapat mengunci kelembaban di dalam kulit. Waktu terbaik mengaplikasikan pelembab adalah tiga atau lima menit setelah mandi ketika kulit masih lembab.

Cermati sabun

Salah satu penyebab utama kulit kering adalah sabun mandi terutama sabun yang menjanjikan eksfoliasi. Sabun adalah emulsifier yang artinya bisa mengikis kelembaban di kulit. Untuk menekan risiko kulit kering, hindari sabun yang mengandung parfum dan alkohol.

Tetap terhidrasi

Saat udara sedang dingin, kita cenderung tidak mudah haus. Akan tetapi perlu diketahui tubuh tetap kehilangan cairan yang keluar lewat kulit. Kondisi ini tanpa disadari membuat tubuh kekurangan cairan. Minumlah air yang cukup walaupun belum merasa haus. Hindari minuman yang berkafein karena akan membuat tubuh dehidrasi.

Berita Populer