•   Selasa, 19 November 2019
Kesehatan

Beragam Khasiat Minyak Kelapa yang Sudah Terbukti secara Ilmiah

( words)
Ilustrasi Minyak kelapa.


SURABAYAPAGI.com - Manfaat kesehatan akan minyak kelapa sebenarnya sudah diketahui sejak lama, namun pada saat itu belum ada penelitian secara ilmiah untuk memberikan bukti empirisnya.
Di antara banyak khasiat minyak kelapa bagi kesehatan, beberapa yang sudah dibuktikan secara ilmiah antara lain, memperbaiki kesehatan jantung dengan meningkatkan kadar kolesterol HDL, diet untuk penurunan berat badan, mengobati infeksi ragi, perawatan kulit, perawatan rambut, memperbaiki pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.
Minyak kelapa digunakan tidak hanya di negara-negara tropis saja, di mana perkebunan kelapa berlimpah, tetapi juga di AS, Kanada, Eropa, dan Australia. Orang-orang telah merasakan sendiri manfaat nyata dari minyak kelapa, sehingga sampai saat ini minyak kelapa sudah populer digunakan oleh orang di seluruh dunia.
Manfaat Kesehatan Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki beberapa manfaat kesehatan, yang paling penting adalah kegunaannya dalam perawatan rambut dan perawatan kulit
Meningkatkan Penurunan Berat Badan dengan Membakar Lemak Berlebih
Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Assuncao, M.L. di Faculdade de Nutrição, Universidade Federal de Alagoas, menemukan bahwa minyak kelapa bermanfaat menurunkan berat badan terutama untuk mengurangi obesitas di perut.
Minyak kelapa juga mudah dicerna dibandingkan dengan minyak nabati lainnya, sehingga membantu meningkatkan kesehatan sistem tiroid dan endokrin. Lebih lanjut, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Liau Kai Ming. di Universiti Sains Malaysia, minyak kelapa meningkatkan laju metabolisme tubuh dengan menghilangkan tekanan pada pancreas. Dengandemikian, akan membakar lebih banyak energi dan membantu orang yang kegemukan dan kelebihan berat badan menurunkan berat badan lebih cepat.
Perawatan Rambut
Wanita di daerah pesisir tropis di dunia menggunakan minyak kelapa untuk rambut hampir setiap hari. Minyak teksturnya seperti mentega yang tebal itu membantu pertumbuhan rambut yang sehat dan berkilau. Aarti S. Rele dan R. B. Mohile dalam penelitiannya yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa minyak kelapa juga sangat efektif dalam mengurangi kehilangan protein, yang jika tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan rambut. Karena berat molekulnya rendah, ia mampu menembus batang rambut dan mencegah kerusakan rambut.
Inilah alasan mengapa minyak kelapa digunakan sebagai minyak perawatan rambut, dan dalam pembuatan berbagai krim pelembab dan ketombe. Varietas terbaik untuk rambut sehat adalah minyak kelapa organik extra virgin. Aplikasikan saja secara topikal ke rambut Anda atau gunakan masker rambut minyak kelapa.
Khawatir tentang rambut yang rusak? Sekali lagi minyak kelapa adalah solusinya. Minyak kelapa bisamenjadi kondisioner yang sangat baik dan membantu proses pertumbuhan kembali rambut yang rusak. Minyak kelapa juga mengandung protein penting yang dibutuhkan untuk menyuburkan dan menyembuhkan rambut yang rusak. Studi penelitian lain yang dilakukan oleh Ruetsch SB, TRI / Princeton menunjukkan bahwa minyak kelapa memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh kelelahan higra.
Dengan memijat kepala secara teratur menggunakan minyak kelapa, kita bisa menjaga kulit kepala agar bebas dari ketombe, bahkan jika kulit kepala sudah kering secara kronis sekalipun. Selain itu juga bisa membantu menjaga rambut dan kulit kepala bebas dari infestasi kutu.
Perawatan kulit
Tahukah Anda bahwa minyak kelapa sangat cocok untuk kulit? Nah menurut penelitian 2018 oleh Dr. Lily Zhong (California State University) dkk. Terkait efek minyak nabati pada kulit, minyak kelapa ditemukan kaya akan antibakteri, anti penuaan, antioksidan, penyembuhan luka, dan sifat anti-inflamasi.
Berbagai masalah kulit yang dapat diobati dengan minyak kelapa meliputi:

Eksim & psoriasis: Aplikasi minyak kelapa murni secara topikal dapat mengurangi tingkat keparahan kondisi penyakit ini.

Radiasi UV: Penelitian oleh R. R. Korac, K. M. Khambholja menemukan bahwa penggunaan minyak kelapa melindungi kulit terhadap efek berbahaya dari sinar UV.
Dermatitis: Sebuah studi oleh Allison L. Goddard dan Peter A. Lio menemukan bahwa minyak kelapa efektif dalam meredakan gejala dermatitis atopik dibandingkan dengan minyak mineral lain. Studi lain menemukan bahwa minyak kelapa murni dapat digunakan sebagai cara yang efektif untuk mengobati dermatitis atopik.
Luka kulit: Virgin coconut oil berkhasiat dan efektif membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.
Xerosis atau kulit kering: Vermen M. Verallo-Rowell M.D dan Agero, AL dalam penelitiannya menemukan bahwa minyak kelapa adalah pelembab yang aman dan efektif untuk kulit. Minyak kelapa murni, organik, non-transgenik murni adalah minyak pijat sangat baik yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering.
Aktivitas antimikroba: Monolaurin adalah komponen aktif dari minyak kelapa yang ditemukan bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Manfaatnya untuk melindungi terhadap efek berbahaya dari bakteri seperti Staphylococcus aureus yang menyebabkan jerawat dan infeksi kulit lainnya.
Luka Bakar: Penggunaan minyak kelapa membantu mengobati luka bakar secara efektif.
Lain-lain: Minyak kelapa juga membantu memperbaiki dan meningkatkan pelindung kulit.

Berita Populer