•   Sabtu, 4 April 2020
Kuliner

Chinese Oriental Canton, Pas dengan Lidah Indonesia

( words)
Tamu menikmati pelayanan dan masakan di Tonghai Restaurant.


Restoran Chinese Food biasanya identik dengan pengujung Tionghoa. Namun kini banyak restoran chinese yang pengunjungnya orang pribumi, bahkan malah jadi pelanggan. Tonghai Restaurant adalah salah satu resto Chinese yang ada di Surabaya barat yang 85% pengunjungnya masih orang Tionghoa dan 15% masyarakat pribumi.

Wartawan SurabayaPagi, Indra

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya -Manager Tonghai Restoran, Herry Fitriono mengatakan, Tonghai yang ada di Golden City Mall Surabaya ini menyajikan menu Chinese Oriental. Contoh menunya yaitu Soup Singapore dan Ayam Telur Asin.

“Kami menyajikan beragam menu baik makanan ringan maupun berat. Menu special kami adalah dim sum yang banyak pilihan seperti dim sum bakpao isi telur asin. Kalau untuk total ada sekitar 200 menu alacarte dan sekitar 40 menu dimsum,” tukas Herry.

Dengan membidik segmen keluarga, Tonghai bukan hanya restoran tetapi memiki private room yang bisa untuk karaoke sekalian sambil makan dengan kapasitas 5 hingga 20 orang. Ada 5 ruang untuk private room. Juga ada ballroom untuk wedding maupun pesta yang mampu menampung 50 sampai 100 meja. Ada juga tempat bermain anak, karena memang segmennya keluarga.

Terkait halal dan non halal, ternyata Tonghai resto memiliki dua dapur untuk halal dan non halal. Hal ini dikatakan Isnan, Chef Tonghai Restaurant. Namun, saat ini akan lebih fokus pada menu-menu halal. Mengingat pengunjung yang hadir kebanyakan muslim.

"Seperti wedding atau acara lainnya yang menggunakan ballroom kami. Pemesannya memang orang Tionghoa tapi mereka selalu mengikuti tamu undangan yang kebanyakan muslim jadi mereka lebih memesan makanan yang halal," katanya.

Lebih lanjut, Isnan menjelaskan jika beberapa menu yang dihadirkan merupakan menu Chinese Oriental Canton yang rasa masakannya bisa diterima lidah orang Indonesia. "Rasanya lebih pada gurih," ujarnya.

Untuk menarik pengunjung, pihaknya memberikan berbagai macam promo harga. Tidak hanya itu, beragam inovasi menu pun akan dijumpai seperti yang akan dihadirkan pada Desember mendatang.

Marketing Tonghai Restoran, Raditya Anggriyan mengatakan, ada 6 menu yang akan hadir dengan harga Rp 50 ribuan diantaranya, Ayam Kamhiong rasanya pedas wangi, Hot Plate Tahu dengan ayam, Cumi telur asin, Sapo Gurami saus kacang hitam, Cap cay ayam, Ayam goreng bumbu tahu merah. Semua menu ini bisa dinikmati 2-3 orang.

"Untuk menu hotplate ada 2 macam pilihan yaitu hotplate tahu sechuan memiliki rasa pedas dan hotplate tahu jepang tidak terlalu pedas," katanya.

Chef Isnan menambahkan, berbagai menu yang dihadirkan memang sama seperti kebanyakan Chinese food pada umumnya. "Namun kadangkala terkendala pada bahan yang tidak tersedia di pasaran sehingga harus kita ganti yang sekiranya sesuai. Atau saya kreasikan, seperti bakpao isi telur asin. Kan unik," terangnya.

Berita Populer