Di Dapuk Sebagai Kalapas Baru, Siswarno Inovasikan Program Lapas Industri

SURABAYAPAGI.com, Tuban - Dilantik oleh Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Timur Susy Susilawati pada Senin, (06/01/20). Siswarno resmi didapuk menjabat sebagai Kepala Lembaga Permasyarajatan (Kalapas) Kelas IIB Tuban. Ia menggantikan pimpinan sebelumnya yang diisi Pelaksana Tugas Kalapas Suntoro.

Dalam tugasnya sebagai Kalapas baru, Pria kelahiran desa Mrutuk, kecamatan Widang, Tuban tersebut bakal melaksanakan beberapa prioritas yang tertuang dalam 15 poin resolusi permasyarakatan, salah satunya adalah mencapai prediket WBK (Wilayah Bebas Korupsi) untuk Lapas Kelas IIB Tuban.

Namun, jika tidak bisa memperoleh prediket WBK, Siswarno menegaskan jika dirinya bersama jajaran akan terus memelihara semangat bekerja untuk menjalankan tugas layaknya instansi yang telah memperoleh WBK.

"Di tahun 2020 ini, salah satu target priotitas adalah dapat meraih WBK," ungkapnya.

Lebih lanjut, selain usaha meraih WBK, ada satu inovasi program unggulan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang mayoritas adalah warga Tuban. Hal itu ia sampaikan di kegiatan perkenalan Kalapas Tuban di Aula Lapas Tuban, Selasa, (01/14/20).

Program yang dimaksud yakni Lapas Industri. Dimana, warga permasyarakatan yang menghuni Lapas Kelas IIB Tuban, akan diberikan suatu dasar keahlian sesuai kapasitas SDM nya masing- masing, sampai mampu menghasilkan satu produk tertentu.

Dari situ diinginkan, nantinya keahlian yang telah dimiliki dapat berguna sebagai sarana kemandirian ketika warga binaan permasyarakatan telah keluar dari Lapas, disisi lain juga diharapkan mampu menjadi pijakan kontribusi untuk turut serta membangun Kabupaten Tuban.

“Melalui Lapas Industri, nantinya diharapkan dapat memproduksi suatu produk unggulan tertentu dengan mengembangkan potensi pada masing- masing sumber daya yang kita miliki,” ungkap pejabat yang pernah berdinas di Maros tersebut.

Dan sebagai langkah mewujudkan program itu, ia bersama jajaran mengungkapkan permintaan dukungan kepada semua pihak yang hadir dan seluruh elemen masyarakat guna menjadikan Lapas Kelas IIB Tuban menjadi lebih baik. Wid