•   Kamis, 2 April 2020
Kriminal

Guru Dibully Siswa, Bupati Kendal Akhirnya Turun Tangan

( words)
Bupati Kendal Mirna Annisa.


SURABAYAPAGI.com - Beredarnya video seorang guru dibully siswanya di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah cukup menyita perhatian publik. Bupati Kendal Mirna Anissa bahkan langsung turun tangan ke sekolah. Mirna datang ke SMK NU 03 Kaliwungu dan bertemu langsung para guru hingga sejumlah siswa yang terlibat dalam video itu. Ia juga meminta penjelasan langsung pihak sekolah.

"Saya prihatin, (kejadian) ini jangan sampai ditiru siapapun," kata Mirna, Senin, 12 November 2018.
Berdasarkan klarifikasi pihak sekolah di hadapan bupati, peristiwa tersebut merupakan bercandaan alias guyonan belaka. Ia menyebut jika bagaimanapun alasannya tindakan siswa terhadap guru seperti dalam video tersebut keliru. Begitu juga apa yang dilakukan guru dengan candaan itu.
"Dari kronologinya ditanya siapa (melempar kertas) tidak ngaku, kemudian maju 5 orang seolah tidak apa-apa, dari situ etika sudah tidak ada, reaksi gurunya juga menenangkan dengan cara atraksi kan contoh etika tidak ada. Tidak ada nilai pendidikannya," tutur Mirna.
Saat bertemu lima siswa yang terlibat dalam video itu, Mirna pun tampak tegas menasehati. Begitu juga pihak wali murid serta pihak Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Pengawas SMK Kendal yang juga dihadirkan bersamaan dengan siswa.
"Jangan diulangi lagi. Kalau nakal titipin ke Polres, boleh kok sehari dua hari, apa ke Polsek?" ujar dia.

Berita Populer