•   Sabtu, 14 Desember 2019
Agrobisnis

Harga Cabai Masih Pedas Hingga Idhul Adha 2019

( words)
Pedagang cabai SP/Bsn


SURABAYAPAGI.com - Harga cabai diprediksi bakal melonjak pada Hari Raya Idul Adha seiring dengan tingginya tingkat permintaan di momentum tersebut. Diketahui, tren kenaikan harga cabai telah berlangsung selama dua bulan terakhir dan belum mengalami penurunan.

Pasalnya, selama dua hari ini, di Surabaya harga cabai masih melonjak tinggi. Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga cabai rawit terpantau masih tinggi. Sekarang ini di Pasar Wonokromo Surabaya, harga cabai mencapai Rp 80 ribu per kilogram.

Faktor penyebab mahalnyaharga cabai karena minimnya pasokan komoditas cabai di pasar. "Harga ini berkali-kali lipat dari harga normalnya yang biasanya hanya Rp 20-25 ribu/kg," ujar salah satu pedagang, Munawaroh, di Surabaya

Demikian di Jakarta, harga cabai masih meninggi hingga menyentuh angka 65.000 per kilogram.

Menurut Sartini pedagang cabai di pasar Induk Kramat Jati, tingginya harga cabai merah baru terjadi lagi tahun ini. Sebelumnya, harga cabai tertinggi menyentuh Rp 100.000 per kilogram terjadi pada tahun 2017.

Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda menilai kebutuhan cabai akan meningkat sesuai dengan kondisi di tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, harga juga diprediksi bakal merangkak naik.

“Harga nampaknya akan naik mendekati Lebaran Idul Adha,” kata Nailul mengutip Republika.co.id, Senin (5/8).

Hanya saja dia menggarisbawahi, harga cabai memang cukup fluktuatif selama ini sehingga bisa saja harga cabai tinggi dan rendah dalam waktu yang singkat. Untuk itu menurut dia, tugas pemerintah harusnya menjaga agar harga tidak memberatkan konsumen dan dapat menguntungkan produsen atau petani.

Berdasarkan catatan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga cabai merah besar rata-rata nasional pada 5 Agustus 2019 di level Rp 58.550 per kilogram (kg) dan harga cabai merah keriting menembus level Rp 62.150 per kg.

Berita Populer