Huawei Genjot Ekosistem Komputasi

SURABAYA PAGI, Beijing - Huawei Technologies Co pada hari Jumat mengatakan akan menginvestasikan $ 200 juta tahun ini untuk mendukung pengembang pihak ketiga yang menggunakan solusi komputasi..

Langkah ini merupakan bagian dari paket lebih luas $ 1,5 miliar yang Huawei umumkan pada 2019 bahwa mereka akan berinvestasi selama lima tahun ke depan untuk membangun ekosistem pengembang yang bersemangat.

"Pengembang adalah kunci untuk mengubah dunia komputasi. Mereka adalah mesin inovasi perusahaan, dan jiwa ekosistem industri baru," kata Hou Jinlong, presiden kelompok bisnis Cloud & AI Huawei.

"Kami akan terus bekerja dengan pengembang global dan mitra industri untuk menyediakan daya komputasi yang kuat, ekonomis dengan memanfaatkan multi-core, keuntungan konkurensi tinggi dari prosesor Kunpeng. Bersama-sama, kami akan membuka pasar dolar biru lautan triliun industri komputasi dan berbagi kesuksesan ekonomi digital, "Hou menjelaskan.

Prosesor Kunpeng merupakan prosesor yang dikembangkan oleh Huawei berdasarkan arsitektur chip ARM, desain chip yang dikembangkan oleh perusahaan Inggris Arm Holdings.

Charlie Dai, analis utama pada strategi bisnis dan konsultasi ekonomi Forrester, mengatakan strategi komputasi Huawei menunjukkan pentingnya memanfaatkan spektrum perangkat keras dan perangkat lunak holistik untuk sepenuhnya melepaskan kekuatan AI di awan.

Chip berbasis ARM memiliki nilai unik untuk komputasi. Investasi Huawei di server berbasis ARM tidak hanya mendukung skenario bisnis yang lebih luas.

Ini juga secara efektif meningkatkan kelincahan bisnis dalam lingkungan ekonomi makro yang semakin dinamis, Dai menambahkan.

Hou mengatakan: "Infrastruktur untuk masyarakat digital adalah daya komputasi dan Huawei memiliki keunggulan unik dalam hal ini. Kami berharap dapat bermitra dengan semua pengembang untuk membangun infrastruktur baru China.

Huawei juga mengumumkan pada hari Jumat bahwa pihaknya bekerja sama dengan mitra seperti Tencent Games untuk menjadi bagian dari ekosistem Kunpeng dan perusahaan berharap Kunpeng dapat menjadi dasar bagi pengembangan TI di masa depan di berbagai pasar.

Ia menambahkan ini akan saling menguntungkan semua pemain dalam ekonomi digital.cn