Kadin: Ekonomi Indonesia Semakin Kuat Seiring Temuan Obat Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 17 Jun 2020 14:35 WIB

Kadin: Ekonomi Indonesia Semakin Kuat Seiring Temuan Obat Covid-19

i

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, Tommy Kaihatu.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Masih tidak terlalu terguncang, Kadin Jatim nyatakan optimis pasar dalam negeri. Bahkan jika dibandingkan dengan negara lain. Hal ini lantaran seiring ditemukannya obat Covid-19.

Terkait keoptimisan ini, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, Tommy Kaihatu percaya bahwa ekonomi nasional mulai bergairah, karena mampu membangkitkan psikologi pasar semenjak ada kabar penemuan kombinasi obat COVID-19 oleh Universitas Airlangga (Unair).

Baca Juga: Kinerja Ekonomi Jatim Triwulan III 2023 Tumbuh 4,86%

Selin itu, dirinya juga menyebutkan bahwa struktur ekonomi nasional selama pandemi COVID-19 masih lebih baik dibanding beberapa negara yang mengalami hal serupa, hal ini karena gotong royong atau keguyuban masyarakat yang terjalin selama berlangsungnya kasus tersebut.

"Struktur ekonomi Indonesia sebenarnya tidak terlalu terguncang. Ini terlihat dari kian menguatnya rupiah di pasar global. Keguyuban kita lah yang menjadikan ekonomi kita tetap stabil," katanya.

Ia mengakui, di saat negara lain mengalami kontraksi pertumbuhan di kuartal pertama 2020, ekonomi Indonesia ternyata masih mampu tumbuh walaupun hanya sekitar 2,97 persen dan Jatim tumbuh sebesar 3 persen.

Baca Juga: Penguatan Bisnis, Bank Jatim Cetak Kinerja Positif di tahun 2023

Apalagi saat ini, aktivitas ekonomi sedikit-demi sedikit kembali terbuka. Dengan demikian dia optimistis ekonomi Indonesia, khususnya Jatim di Semester II/2020 bakal mampu tumbuh sebesar 3 persen hingga 3,5 persen.

“Kendati mengalami penurunan dibanding tahun lalu, saya masih melihat optimisme pasar dalam negeri. Bahkan jika dibandingkan dengan negara lain, kondisi ekonomi Indonesia, termasuk Jatim masih jauh lebih baik,” katanya.

Baca Juga: Kinerja PNM Berdayakan Ekonomi Perempuan Lampaui Grameen Bank

Namun demikian, ia meminta masyarakat atau pelaku ekonomi tidak terlena, dan harus tetap waspada sebab kondisi fluktuatif atau naik turun ekonomi bisa saja terjadi.

“Oleh karena itu, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Tetapi intinya, ada harapan lagi bisa bekerja normal,” katanya.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU