•   Kamis, 9 April 2020
Kesehatan

Menakar Kebutuhan Protein Ideal untuk Kesehatan Tubuh

( words)
Makanan Berprotein


SURABAYAPAGI.com - Asupan gizi yang tepat, telah terbukti memberi banyak manfaat baik bagi tubuh, termasuk meningkatkan daya kerja otak dengan lebih baik. Sama halnya dengan asupan protein tepat, dapat meningkatkan prestasi belajar anak.
Dengan mengonsumsi pola asupan protein yang tepat, ternyata juga bisa memicu aktivitas menjadi lebih baik. Dikatakan Duta Gizi Japfa Foundation, Maria Harfanti, menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi gizi seimbang itu cukup penting, karena manfaat yang didapat dari gaya hidup sehat seperti ini langsung bisa dirasakan setiap hari.
"Berat badan jadi ideal dan kinerja kognitif baik. Hidup sehat itu juga menghilangkan stres dan menjaga mood, juga yang paling penting adalah dapat mencegah penyakit berbahaya untuk hinggap ke tubuh kita," ujar Maria dikutip dari rilis So Good, Kamis 1 Maret 2018.
Adapun protein terdiri dari dua jenis yakni hewani dan nabati. Untuk protein hewani sangat penting untuk tubuh karena memiliki manfaat yang sangat banyak di antaranya adalah membuat pertumbuhan sel-sel organ tubuh dengan baik atau memperbaiki sel tubuh yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu pertumbuhan.
"Protein hewani juga membentuk otak manusia dan sel darah merah tidak mudah pecah, sehingga secara langsung meningkatkan fungsi otak, sehingga meningkatkan prestasi dan produktivitasnya. Protein hewani mencakup daging ayam, daging sapi, ikan, dan telur," ujar Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof Hardinsyah MS PhD.
Prof Hardinsyah juga menjelaskan mengenai kebutuhan asupan protein per hari yang ideal untuk keluarga Indonesia sesuai estimasi kecukupan gizi adalah, 1.0-1.5 gram per kg BB atau 35-72 gram per anak sekolah dan remaja per hari.
"Kebutuhan protein hewani 7-15 gram per hari atau 1-2 porsi (60-120 g) per hari. Serta, protein untuk anak 1-18 tahun dianjurkan lebih tinggi dari yang dikonsumsi oleh orang dewasa," ujarnya lagi. (viv/cr)

Berita Populer