•   Selasa, 19 November 2019
BUMN

Risti JCH Jember Lebih dari Separuh

( words)
Ilustrasi


SURABAYAPAGI.com. Jember- Sebanyak 1972 jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Jember, sebanyak 1202 jamaah haji termasuk golongan jamah haji kategori resiko tinggi (risti) atau sebesar 61 persen. Sementara jumlah jamaah kategori lansia sebesar 29 persen atau sebanyak 557 jamaah.

Tingginya kedua angka ini, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Kabupaten Jember menghimbau agar sebelum pemberangkatan, para jamaah haji selalu menjaga kesehatannya.

Perwakilan TKHI Kabupaten Jember, Kristian Arisma Wijaya menjelaskan, menunggu pemberangkatan jamaah haji, pihaknya memberikan pelayanan, perlindungan dan pembinaan, “Selain pemberian vaksinasi meningitis dan influenza, pihaknya juga menyiapkan daftar obat jamaah yang biasa diminum untuk dibawa selama di tanah suci.” Kata Kristian, Senin (15/7/2019).

Kristian juga menerangkan, jamaah haji risti dibedakan menjadi dua yaitu risti usia dan penyakit. Kategori risti usia yaitu jamaah haji dengan usia lebih dari 60 tahun. Sedangkan risti penyakit yaitu jamaah dengan usia kurang dari 60 tahun dan punya riwayat penyakit.

“Terkait jamaah haji dengan risti penyakit, hipertensi, dyslipidemia dan kencing manis menjadi penyakit yang spaling sering diderita.” Ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya menghimbau agar sebelum pemberangkatan, para jamaah haji selalu menjaga kesehatannya misalnya tidak perlu melakukan kegiatan yang berlebihan, makan yang bergizi dan jalan kaki setiap pagi sebagai adaptasi fisik saat disana.(Koes).

Berita Populer