•   Minggu, 15 September 2019
SGML

Safari Ramadhan PWI Lamongan, Diawali Ziarah ke 5 Wali

( words)
Wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan berpose bersama saat ziarah ke makam para waliyullah. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, bulan Ramadhan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan menggelar kegiatan safari ramadhan ke luar kota, Tak terkecuali ramadhan tahun ini.

Para awak jurnalis cetak dan elektronik yang sehari-hari bergelut memburu berita ini kembali melakukan safari ramadhan. Safari ramadhan 1440 H tahun 2019 ini diawali dengan ziarah ke makam para waliyuallah penyebar islam di Jawa, Khususnya Jawa Timur, Sabtu (11/5/2019).

Rombongan safari ramadhan ke wisata religi ini langsung dipimpin oleh ketua PWI Bachtiar Febrianto, berangkat melaui kantor PWI di Jalan Kusuma Bangsa Nomor 27 A Lamongan.

Safari ramadhan wisata religi ini kata Bachtiar Febrianto, pertama kali yang disinggahi adalah Makam Sunan Ampel di Surabaya. Sebelum ziarah ke makam Sunan Ampel, rombongan wartawan ini terlebih dahulu melakukan sholat dhuha secara jamaah di Masjid Sunan Ampel yang dipimpin oleh Nurkomar Hadi wartawan harian terbitan Surabaya.

Usai sholat dhuha dilanjut ziarah ke makam Sunan Ampel untuk mendoakan penyebar Islam di Surabaya dan sekitarnya ini, yang diawali dengan membaca surat yasin lalu dilanjut baca tahlil dan doa.

Begitu usai rangkain itu kata Febri, rombongan langsung meneruskan perjalanannya ke Gresik untuk ziarah ke Makam Sunan Giri dan makan Syeikh Maulana Malik Ibrahim. Di makam Sunan Bonang ini, rombongan terlebih dahulu melakukan sholat duhur berjamaah. "Alhamdulillah kita datang, tidak lama kemudian kita sholat duhur berjamaah di masjid Sunan Giri," katanya.

Usai sholat duhur, rombongan ziarah ke makam Sunan Giri yang persis posisinya ada di belakang masjid. Seperti sebelumnya wartawan ini membaca surat yasin dilanjut tahlil dan berdoa.

Selanjutnya rombongan menuju makam Syeikh Maulana Malik Ibrahim, yang lokasinya tidak jauh dari alun-alun kota Gresik, lalu dilanjut ke makam Sunan Drajat yang ada di Paciran Lamongan. "Alhamdulillah lagi kita sampai di Makam Drajat, sekitar 10 menit kemudian adzan azar, akhirnya kita bisa sholat berjamaah di Musolah Sunan Drajat," kata Febri yang mengaku cukup beryukur dalam kegiatanya ini selalu dimudahkan oleh Alloh.

Usai dari Makam Sunan Drajat dilanjut ke makam Sunan Bonang. Usai mendarat di bumi wali ini, rombongan langsung ziarah, lalu dilanjut buka bersama dengan sholat magrib berjamaan di Musolah Sunan Bonang yang persis ada disamping Masjid Sunan Bonang.

Kegiatan ini kata Febri, sebagai program tahunan PWI Lamongan setiap bulan ramadhan. Diharapkan dengan ziarah ini, selain m ikut mendoakan yang sudah meninggal, ziarah ini dilakukan agar teman-teman bisa mengambil pelajaran dengan apa yang sudah dilakukan oleh para wali sebelumnya.

"Tentu ada pelajaran yang bisa dipetik dari wisata religi yang sudah kita lakukan ini, agar dalam menjalankan profesinya sebagai wartawan sehari-harinya untuk senantiasa mengedepankan nilai -nilai kebenaran," terangnya.

Dalam safari ramadhan ini akan dilanjut pada Sabtu depan (18/5/2019) mengunjungi salah satu Pondok Pesantren di wilayah Kabupaten Pasuruan. Di Pondok itu kata Febri, para wartawan akan memperdalam ilmu keagamaan dengan sinkat. "Semoga kegiatan kita ini berkah dan bermanfaat untuk mempertebal nilai iman kita," harapnya. jir

Berita Populer