•   Rabu, 8 April 2020
Pemprov Jatim

Selamatkan Bumi, PDIP Lamongan Tanam Pohon Produktif

( words)
Ketua DPC PDIP Lamongan Saim saat menanam pohon produktif. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYA PAGI, Lamongan - Selamatkan bumi dan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, DPC PDI Perjuangan Lamongan melakukan gerakan menanam pohon, sebagai rasa tanggung jawab untuk ikut melestarikan alam.

Gerakan menanam pohon produktif itu dilakukan di Desa Jatidrojog Kec Kedungpring Lamongan, Minggu (2/2/2020), yang juga menandai sebagai ulang tahun Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Saim ketua DPC PDIP Lamongan menyebutkan, gerakan menanam pohon yang ia lakukan bersama dengan jajaranya adalah, dalam rangka hari ulang ibu Megawati 73 dan HUT PDI Perjuangan yang ke 47.

Disebutkan oleh Saim, gerakan menanam pohon ini adalah bagian dari gerakan mencintai bumi yang dicanangkan oleh PDIP, dan melaksanakan rekomendasi Kongres dan Rakernas bahwa politik tidak sekadar bagaimana urusan berkompetisi secara konstitusional memperebutkan kekuasaan dalam even-even pemilu, tetapi politik harus hadir dalam kehidupan keseharian seperti menanam pohon seperti saat ini.

"Ini adalah gerakan serentak secara nasional untuk melaksanakan rekomendasi Kongres dan Rakernas bahwa politik tidak sekadar bagaimana urusan politik tapi politisi harus hadir dalam kehidupan keseharian seperti menanam pohon seperti saat ini," katanya.

Penanaman pohon ini, lanjut Saim, juga untuk mengembalikan kondisi alam di Lamongan sehingga mampu mengurangi bencana banjir dan tanah longsor. Pohon yang dipilihpun lanjut Saim, adalah pohon-pohon produktif yang nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. "Kami juga berharap agar gerakan semacam ini bisa menjadi ajakan bagi masyarakat untuk tetap menjaga dan merawat bumi," jelasnya.

Lebih jauh, Saim menuturkan, ketua umum PDIP Megawati soekarnoputri telah mencanang kan gerakan mencintai bumi yaitu dengan mendorong gerakan hidup bersih, merawat lingkungan agar asri, gerakan menanam pohon secara serentak, gerakan membersihkan sungai dari sampah, dan gerakan memisahkan sampah dari rumah tangga. "Pada hari ini, gerakan mencintai bumi dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia," terangnya.

Selain diikuti oleh pengurus partai, kata Saim, gerakan penanaman pohon ini juga diikuti oleh kader partai bersama relawan dan masyarakat sekitar. Sebelum melakukan penanaman pohon, ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan melakukan pemotongan tumpeng bersama warga dan LMDH.jir

Berita Populer