Spemdalas Tetap Giatkan Literasi Siswa secara Daring

Ichwan Arief saat update literasi untuk referensi siswa dari perpustakaan sekolah. SP/M.AIDID

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Di era pandemi Covid-19 tidak menyurutkan menggiatkan kegiatan literasi siswa secara daring. Inilah yang dilakukan SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik (Spemdalas) ketika siswa belajar mandiri di rumah.

Selain memberikan layanan perpustakaan melalui virtual class yang bisa diakses siswa secara daring yang menyediakan buku fiksi dan nonfiksi, Perpustakaan Taman Ilmu Spemdalas tetap mengoptimalkan layanan literasi.

“Kami memberikan informasi tentang isi buku yang bisa diakses siswa dan orangtua melalui media sosial, baik itu Instagram dan YouTube,” ujar Ichwan Arif, selaku Koordinator Literasi dan Penelitian, Senin (30/11/2020).

Supaya siswa bisa terus update isi buku, lanjutnya, yang menjadi referensi buku di perpustakaan, sekolah memberikan informasi melalui instagram. Di media sosial ini, akan diberikan informasi data buku dan isi yang meliputi wawasan, pengetahuan, dan pesan yang dikandung dalam buku.

Selain itu, sambungnya, pihak perpustakaan juga memberikan video yang berisi bedah buku. Mulai dari buku fiksi dan nonfiksi.

“Durasi video tersebut hanya 5-7 menit sehingga bisa dinikmati oleh siswa dan juga orangtua si rumah dan tempat kerja,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ichwan Arif menjelaskan dalam konten bedah buku berupa video yang diunggah di YouTube, Perpustakaan Taman Ilmu menyesuaikan dengan materi milenial. Mulai dari isi buku yang dibahas sampai tamu yang diajak bedah buku.

“Ada bedah buku novel Guru Aini karya Andre Hirata, Si Anak Pintar karya Tere Liye sampai buku motivasi Jadi Pelajar Harus Sukses karya Rian Hidayat Abi,” jelasnya.

Untuk lebih komunikasi dan segar acara bedah bukunya, Perpustakaan Taman Ilmu juga menggandeng siswa dan guru dalam membedah isi buku.

“Tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai faceshield ketika shooting,” katanya. did