•   Jumat, 15 November 2019
Kesehatan

Sudah Coba Anggur Laut? Begini Manfaatnya

( words)


SURABAYAPAGI.com - Memiliki nama ilmiah Caulerpa racemosa tanaman ini masih satu keluarga dengan rumput laut dan hidup menyebar di beberapa perairan Indonesia. Menurut beberapa penelitian, anggur laut menghasilkan metabolit sekunder yang berperan sebagai antioksidan. Anggur laut juga mengandung asam folat, asam arkorbat, dan tiamin. Kombinasi dari nutrisi dan antioksidan di dalamnya membuat keluarga dari rumput laut ini mampu menangkal radikal bebas.
Selain itu terdapat beberapa manfaat dari anggur laut. Berikut manfaatnya untuk kesehatan tubuh.
1. Menjaga kecantikan rambut dan kulit.
Kandungan lemak yang ada dalam anggur laut berguna untuk meningkatkan fluiditas sekaligus mengurani pori besar dan mengatasi kekeringan pada kulit.
2. Sebagai anti depresan
Kandungan vitamin B6 dan B5 yang dimiliki anggur laut berfungsi sebagai pengatur kelenjar adrenal agar tidak cepat kehabisan tenaga dan terhindar dari rasa lelah serta depresi.
3. Mencegah obesitas
Kandungan kadar gula dalam anggur laut sangat rendah namun tinggi akan kandungan protein nabati, vitamin C, seng, kalsium dan asam lemak tak jenuh sebagai pencegah obesitas.
4. Anti sembelit
Kandungan gulanya yang rendah dapat membantu bakteri baik dalam sistem pencernaan untuk membuang sisa metabolisme yang tidak dibutuhkan.
5. Meningkatkan kinerja mata dan jantung
Asam lemak seperti AA, LA, DHA, EPA dan juga ALA sangat berguna meningkatkan kinerja penglihatan, menurunkan kolestrol, menjaga struktur kolagen dan mencegah penyakit jantung seperti infark, stroke dan aterosklerosis.
Bagi kamu yang ingin merasakan manfaat dan mencoba enaknya si anggur laut, cara memasaknya cukup mudah kok. Anggur laut yang masih segar dicuci terlebih dahulu menggunakan air matang hingga bersih. Kemudian direbus supaya bakteri yang mungkin ada mati. Nah, kamu bisa menyantapnya begitu saja sebagai pendamping (lalapan) ketika makan ikan. Cara lain kamu bisa mencampurkan bumbu rempah atau bumbu disajikan secara terpisah.

Berita Populer