•   Jumat, 13 Desember 2019
Ekonomi Global

Yageo Taiwan Siap Akuisis Kemet Corp AS

( words)
Both Yaego saat pemeran produk. SP/deal


SURABAYAPAGI.COM,Taiwan – Sebagai perusahaan yang ingin memperluas ekspansi global perusahaan, Yageo Corp yang merupakan perusahaan penyedia komponen elektronik asal Taiwan akan mengakuisisi pesaingnya asal Amerika Serikat (AS) yakni Kemet Corp dengan esepakatan yang bernilai US$ 1,8 miliar.

Sementara itu, artikel Taiwannews menyebut Yageo tengah bersiap untuk melakukan ekspansi global lewat 42 pabrik dan 14 sentra riset di seluruh dunia.

Yageo sendiri nantinya akan menawar saham Kemet dngan nilai penawaran premium atau 18% lebih tinggi dari harga penutupan saham yakni dengan harga US$ 27,2 per saham.

"Integrasi ini akan meningkatkan kemampaun kami untuk melayani pelanggan dan konsumen di sektor elektronik, otomotif, industri, kedirgantaraan, telekomunikasi dan medis kelas atas," ujar Chief Executive Officer (CEO) Yageo Pierre Chen.

Jika akuisisi ini berhasil, Yaego akan alami peningkatan jejak global karena dengan akuisisi ini Yaego akan menambah operasional di kawasan Amerika Utara, Eropa dan Asia, tulis manajemen perusahaan dalam pernyataan resminya.

Selain itu, aksi korporasi ini pun sudah disetujui oleh dewan dari kedua perusahaan dan seluruh pelaksanaannya akan tunduk pada ketentuan dan persetujuan kesepakatan oleh kedua belah pihak.

Kesepakatan ini diharapkan akan rampung pada paruh kedua tahun 2020 dan akan menghasilkan pendapatan tahunan secara konsolidasi senilai US$ 3 miliar.

Lebih lanjut, Yageo mengatakan pihaknya bermaksud untuk mendanai transaksi dengan kombinasi uang tunai dan komitmen pembiayaan. Dalam hal ini, Citi ditunjuk sebagai penasihat keuangan untuk Yageo dan Simpson Thacher and Bartlett LLP dan Tsar & Tsai Law Firm di Taiwan bertindak sebagai penasihat umum.

Sementara itu, Goldman Sachs & Co LLC bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Kemet dan Skadden, Arps, Slate, Meagher & Flom LLP bertindak sebagai penasihat umum.

Berita Populer