Konsumsi Granola Efektif Untuk Program Diet dan Langsing, Kok Bisa?

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 05 Jun 2023 12:03 WIB

Konsumsi Granola Efektif Untuk Program Diet dan Langsing, Kok Bisa?

i

Manfaat kesehatan granola untuk program diet dan langsing. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Mengkonsumsi granola sangat efektif untuk program diet dan bagi yang ingin langsing. Hal tersebut dijelaskan oleh ahli diet Jade Pitcher dari merek I Run Far, granola memiliki ragam manfaat kesehatan. Salah satunya tentu bisa membantu menurunkan berat badan.

Granola merupakan sereal sarapan yang memiliki tekstur renyah. Meskipun ada banyak variasi granola, biasanya terdiri dari kacang-kacangan, oat, dan buah-buahan.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Banyak bentuk granola untuk diet yang mengandung kacang-kacangan, biji-bijian, atau buah-buahan kering, bahkan serpihan coklat. Variasi yang populer di supermarket sering mengandung buah beri, kismis, dan almond.

Berikut ragam manfaat granola untuk diet:

  • Bagus Untuk Sarapan

Granola dapat menjadi pilihan sarapan yang cepat dan praktis. Dengan menyertakan granola dalam sarapan, kamu dapat memulai hari dengan asupan nutrisi yang seimbang.

Di samping itu, kamu juga memperoleh energi yang diperlukan dan mengurangi keinginan untuk makan cemilan pada pagi hari.

"Pelepasan energinya yang lambat akan memastikan bahwa semangkok granola bisa menekan rasa lapar sampai makan siang," kata Jade, dikutip Senin (05/06/2023).

  • Sumber Serat

Granola umumnya mengandung biji-bijian, seperti oats yang kaya serat. Serat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, mengendalikan nafsu makan, dan menjaga kesehatan pencernaan.

  • Kaya Nutrisi

Granola dapat menyediakan berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, protein, dan lemak sehat. Kandungan nutrisinya dapat bervariasi tergantung pada bahan tambahan yang digunakan dalam granola, seperti kacang-kacangan dan buah kering.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

"Granola dengan sendirinya menyediakan mikronutrien penting seperti zat besi, vitamin D, dan zinc. Karena oatnya, granola seringkali mengandung banyak serat yang sangat baik untuk membantu pencernaan sehingga bisa menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan usus," papar Jade.

  • Sumber Lemak Sehat

Granola yang mengandung kacang-kacangan dan biji-bijian dapat menyediakan lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Lemak sehat ini penting untuk fungsi tubuh yang baik dan dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

  • Menyiapkan Energi

Manfaat granola untuk diet lainnya adalah membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Granola mengandung karbohidrat kompleks karena oats yang memberikan energi berkelanjutan bagi tubuh.

Ini dapat membantu menjaga tingkat energi yang stabil selama hari dan meningkatkan kinerja fisik.

Baca Juga: RSUD Bangil Miliki Gedung Instalasi Farmasi dan Dropzone Instalasi Gawat Darurat

  • Membantu Kontrol Berat Badan

Granola yang mengandung serat dan protein dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan.

Dalam kombinasi dengan pola makan yang seimbang dan gaya hidup aktif, granola dapat menjadi bagian dari strategi pengendalian berat badan.

  • Kaya Akan Antioksidan

Beberapa bahan tambahan dalam granola, seperti buah kering atau chia seed, dapat menyediakan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga dapat mendukung kesehatan jantung, menurunkan risiko penyakit kronis, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meski demikian, menurut Ahli nutrisi sekaligus pendiri perusahaan nutraceutical Formulate Health, Mina Khan, penting untuk diingat bahwa granola juga dapat mengandung kalori tinggi dan gula jika tidak dikonsumsi dengan bijak. Periksa label gizi dan pilih varian granola yang rendah gula, rendah lemak jenuh, dan tinggi serat untuk mendapatkan manfaat granola untuk diet yang maksimal.

"Selalu perhatikan hal-hal seperti kandungan gula dan lemak jenuh karena sering kali bisa sangat tinggi dan jika sering dikonsumsi, dapat menyebabkan penambahan berat badan," jelasnya. dsy/wlp

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU