Pedagang Pasar Kawak Tempati Lokasi Relokasi yang Disiapkan Pemkot

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 15 Agu 2023 14:10 WIB

Pedagang Pasar Kawak Tempati Lokasi Relokasi yang Disiapkan Pemkot

i

Pasar relokasi di Jalan Kutai Kota Madiun selama proses renovasi Pasar Kawak. Foto: Diskominfo Kota Madiun.

SURABAYAPAGI.COM, Kota Madiun - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, tengah melakukan renovasi bangunan Pasar Kawak. Maka dari itu, para pedagang di Pasar Kawak direlokasi ke area yang telah disediakan oleh Pemkot.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Rakyat, Dinas Perdagangan Kota Madiun, Puguh menyampaikan bahwa kios pedagang di Pasar Kawak telah dikosongkan dan dibongkar. Seluruh pedagang menempati area relokasi yang telah disediakan.

Baca Juga: Pemkab Madiun Fokus Kembangkan IKM Sektor Pertanian

"Seluruh pedagang telah terfasilitasi dan nyaman di tempat sementara atau relokasi. Alhamdulillah, mereka dengan lapang dada bersedia direlokasi," kata Puguh di Kota Madiun, Senin (14/8/2023).

Puguh menyebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan dua area relokasi pedagang pasar. Ia menuturkan, area relokasi berada di Jalan Kutai untuk pedagang sayur dan kuliner. Sedangkan di Jalan Mahakam untuk penjual daging.

Meski memanfaatkan jalan umum untuk relokasi, ia menyatakan bahwa tidak sampai dilakukan penutupan. Ia mencontohkan seperti di Jalan Kutai yang hanya menggunakan separuh jalan untuk lapak pedagang. Separuhnya masih bisa untuk pengendara.

Selain itu, meski berada di area relokasi, Dinas Perdagangan memastikan seluruh pedagang memperoleh fasilitas yang dibutuhkan seperti listrik dan air.

"Walaupun tidak semua butuh air dan listrik, tapi kami sudah asesmen satu per satu agar mereka bisa beraktivitas sebagaimana mestinya walaupun memang namanya relokasi tidak seperti di pasar sebelumnya," paparnya.

Baca Juga: Tekan Inflasi, Pemkot Madiun Optimalisasikan Keberadaan ‘Wartek’ dan Pasar Murah

Ia menyampaikan bahwa saat ini telah ada sekitar 60 pedagang yang telah menempati area berjualan sementara itu.

"Kami pastikan material bangunan tidak lewat Jalan Mahakam, tapi lewat pintu pasar sisi barat sehingga tidak mengganggu kegiatan pasar sementara,” ujarnya.

Puguh menyampaikan bahwa Pemkot Madiun merenovasi bangunan Pasar Kawak dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan pembeli ke pasar tradisional setempat dan meningkatkan kesejahteraan pedagang.

Baca Juga: Pemkab Madiun Serahkan Bantuan RTLH 550 Unit

Adapun proyek renovasi tersebut mendapatkan sentuhan anggaran senilai Rp 2 miliar. Untuk diketahui, Pasar Kawak memiliki luasan 1.650 meter persegi.

Pasar di Jalan Kutai Kota Madiun tersebut merupakan bangunan pasar pertama kali dan sudah terlihat usang. Renovasi terakhir diperkirakan sekitar tahun 1980-an silam.

Melalui renovasi Pasar Kawak itu, Pemkot berharap terjadi peningkatan kunjungan masyarakat sehingga tingkat perekonomian para pedagang juga naik. md-01/cha

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU