Jumlah Penumpang Pelabuhan Diprediksi Meningkat 30 Persen Jelang Nataru

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 17 Des 2023 09:42 WIB

Jumlah Penumpang Pelabuhan Diprediksi Meningkat 30 Persen Jelang Nataru

i

Penumpang berjalan menuju kapal di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan. SP/ MKS

SURABAYAPAGI.com, Makassar - Menjelang libur Hari Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) yang tinggal beberapa pekan lagi, jumlah arus penumpang dan kunjungan atau call kapal diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 30 persen.

Salah satunya di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar, sebagai pelabuhan terbesar, terpadat, dan tersibuk di Regional 4, Pelabuhan Makassar selalu mencatat jumlah arus penumpang tertinggi di setiap musim Nataru.

Baca Juga: Selama Momen Libur Nataru, Pengunjung Wisatawan di Probolinggo Membludak

Menurut General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin, hal tersebut terlihat dari 20 cabang kelolaan Pelindo di Regional 4, total arus penumpang periode H-15 hingga H+15 di Pelabuhan Makassar sebanyak 83.860 orang pada musim Nataru tahun lalu.

"Dari total jumlah penumpang tersebut, untuk embarkasi atau penumpang yang berangkat sebanyak 42.722 orang dan debarkasi atau penumpang yang tiba sebanyak 41.138 orang," katanya, Minggu (17/12/2023). 

Baca Juga: Jokowi Gandeng Prabowo dan Mahfud MD, "Natalan" di Gereja Bethany Surabaya

Sementara itu, Junior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 4 Makassar, Andy Hermawan mengatakan bahwa pihaknya bersama stakeholder terkait lainnya akan menyiapkan posko bersama di area Pelabuhan Makassar untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diprediksi terjadi pada H-8, H-1, H+1, H+6, H+8 dan H+9 Nataru.

"Kami juga sudah menyiapkan sejumlah fasilitas yang ada, khususnya di Terminal Penumpang Anging Mammiri yang memiliki kapasitas kurang lebih 4.000 orang penumpang," ucapnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro Sidak Pelayanan Publik Pasca Libur Natal

Pihaknya juga akan terus memantau setiap sarana dan prasarana yang tersedia senantiasa dalam kondisi yang nyaman dan bersih, terutama untuk toilet, ruang menyusui, mushola, dan ruang tunggu serta fasilitas yang lainnya.

Sementara itu, diketahui sebelumnya di musim Nataru tahun lalu jumlah arus penumpang mengalami pertumbuhan sebesar 208 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai 40.149 orang penumpang. Sehingga, pada musim Nataru tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. mks-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU