Inovasi Desa Sumokali Ciptakan Minuman Sehat dari Bunga Telang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Jan 2024 09:27 WIB

Inovasi Desa Sumokali Ciptakan Minuman Sehat dari Bunga Telang

i

Kepala Desa (Kades), Sumokali Subiyanto. SP/ HIKMAH

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Desa Sumokali, Kecamatan Candi merupakan salah satu desa kreatif yang menyulap kampungnya menjadi kampung sehat tanaman toga, salah satunya adalah bunga telang. 

Bunga telang tersebut dipercaya memiliki kandungan manfaat yang tinggi serta dapat menciptakan ide kreasi dan inovasi pangan maupun minuman berupa minuman herbal, yang rasanya sangat segar dan kue basah seperti puding maupun kue lainnya.

Baca Juga: Kelurahan Gebang Sidoarjo Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Semalam Suntuk

Berbagai olahan telah dikenalkan secara umum di ajang Pasar Tani Dinas Pertanian Sidoarjo yang dimotori oleh Kades Sumokali Subiyanto bersama warga dan ibu penggerak PKK Desa Sumokali yang tergabung dalam kelompok Asman Toga Gasumi yang berarti Asuhan Mandiri Tanaman obat keluarga Subur Bersemi Desa Sumokali.

Kades Sumokali Subiyanto mengatakan, dalam memberdayakan desa untuk peningkatan ekonomi pihaknya tidak memilih produk yang penuh resiko seperti ternak lele namun lebih ke budidaya tanaman.

"Kita sengaja memilih produk yang gampang di budidaya kan dan dikenal masyarakat, seperti bunga Telang yang kaya serat dan khasiat sudah dikenal warga" ujar Subiyanto, Senin (29/01/2024).

Lebih lanjut lagi, dalam program pemberdayaan desa tersebut awalnya dilakukan penggalakan eksplorasi budidaya di tengah masyarakat termasuk tanaman hidroponik  dan toga.

Baca Juga: Lestarikan Tradisi Bersih Desa, Pemdes Jimbaran Kulon Gelar Hiburan Wayang Kulit

"Saat ini tahap inovasi pengolahan hasil budidaya  Berbagai produk dan olahan bunga telang seperti minuman Telang Mint tea, Telang Lemon, Puding Telang, Puding  Kelor serta bentuk camilan keripik kenikir dan pepaya jepang yang dukung penuh dari pemerintah desa," tandasnya. 

Setelah berbagai olahan pangan dan minuman yang memiliki ciri khas Ikon  Desa Sumokali, giat dilakukan warga, selanjutnya pihak desa akan mengupayakan pengadaan alat alat produksi untuk efektivitas hasil olahan.

Bila tanaman telang tersebut, dapat menggambarkan identitas lokal yang mencirikan lingkungan dan kebiasaan yang disebut sebagai kearifan lokal. 

Baca Juga: Gali Budaya Kearifan Lokal, SMPN 1 Taman Mainkan Dolanan Bocah

"Harapan kami bunga telang menjadi ikon dari Desa Sumokali, dari yang awalnya hanya menanam tanaman toga untuk mempertahankan, kesehatan dan stamina keluarga, kini Desa Sumokali terus berbenah untuk terus mempromosikan tanaman toga sebagai alternatif hidup sehat, ungkapnya.

Sementara itu, tak lupa juga, Kadinkes Sidoarjo Fenny Apridawati, menyambut baik semangat desa yang bisa memotivasi dan memberdayakan masyarakat agar hidup sehat. Salah satu upayanya melalui pemberdayaan pelayanan kesehatan tradisional dengan pemanfaatan Toga, tanaman obat keluarga. Hdk/hik

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU