Ketua KPU Surabaya: Kinerja Anggota KPPS Luar Biasa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 15 Feb 2024 18:50 WIB

Ketua KPU Surabaya: Kinerja Anggota KPPS Luar Biasa

i

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi. SP/SURA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi mengapresiasi kinerja setiap petugas kelompok penyelenggara pemilihan suara (KPPS). Mereka telah bertugas di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS), pada Rabu 14 Februari 2024 kemarin.

"Secara umum di 8.167 TPS yang ada di Kota Surabaya, kinerja teman-teman KPPS luar biasa. Bahwa ada dinamika-dinamika kecil misalnya, itu sesuatu yang patut kita beri rasa empati di tengah berbagai pekerjaan yang begitu padat dalam satu hari," ujarnya, Kamis (15/2).

Baca Juga: KBS Kedatangan Satwa Baru, Siap Sambut Pengunjung di Libur Lebaran

Syamsi menyebutkan, pihaknya tidak menerima laporan petugas KPPS yang mengalami kondisi kegawatdaruratan kesehatan yang berarti, saat menjalankan tugasnya semalam.

"Alhamdulillah, tidak banyak laporan, sekalipun ada laporan, misalnya tadi malam ada laporan petugas KPPS yang sakit, langsung ditangani karena kita sudah koordinasi dengan Pemkot Surabaya," katanya.

Syamsi juga menuturkan, hari ini pihaknya juga menerima laporan bahwa salah satu petugas KPPS pingsan di Kelurahan Babatan. Namun hal itu elah diatasi dan ditangani tenaga kesehatan yang berada di puskesmas setempat.

Baca Juga: H-3 Lebaran: Pj Gubernur Adhy Karyono Berangkatkan 3.840 Penumpang Mudik Gratis

Terkait proses rekapitulasi suara di tingkat TPS yang dilakukan para petugas KPPS, Syamsi mengatakan, proses rekapitulasi suara di tingkat TPS dapat selesai seluruhnya hari ini.

"Relatif sesuai dengan ketentuan. Jadi (rekapitulasi suara di TPS), dapat diperpanjang paling lambat 12 jam setelah tanggal 14 Februari, relatif bisa selesai hari ini," terangnya.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik 2024: 27 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya

Berdasarkan pengamatan KPU Kota Surabaya hingga pukul 13.00 WIB, sudah banyak kotak suara dan perolehan suara yang mulai bergerak, dari TPS menuju panitia pemilihan suara (PPS).

"Pantauan saya, mayoritas sudah selesai dan sudah banyak yg bergerak dari TPS ke PPS, kotak suara dan perolehan suara itu. Lalu dari PPS kemudian akan bergerak ke PPK," pungkasnya.sb/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU