Lestarikan Ruwah Desa, Pemdes Popoh Gelar Hiburan Wayang Kulit

author Juma'in Koresponden Sidoarjo

- Pewarta

Minggu, 03 Mar 2024 16:51 WIB

Lestarikan Ruwah Desa, Pemdes Popoh Gelar Hiburan Wayang Kulit

i

Pagelaran wayang kulit, di halaman pendopo kantor Desa Popoh Kecamatan Wonoayu.

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Tradisi ruwah desa terus dilestarikan Pemdes Popoh, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat desa setempat. Mereka berbondong-bondong melihat rangkaian acara ruwah desa yang di gelar di halaman pendopo kantor desa setempat, pada Sabtu (2/3/2024).

Baca Juga: Bupati Sidoarjo Tersangka Kasus Korupsi, Pj Gubernur Jatim Beri Tanggapan Tegas

Kepala Desa (Kades) Popoh, Sugini mengatakan bahwa, acara tradisi ruwah desa ini merupakan kearifan lokal yang harus terus dijaga dan dilestarikan karena sudah menjadi bagian dari budaya, bahkan banyak nilai-nilai luhur yang patut dicontohkan kepada generasi muda. 

"Untuk itu kami mengajak  generasi muda ikut dalam kegiatan seperti ini, agar mereka mengenal apa itu ruwah desa yang digelar setiap tahun," ujar Sugini,  kepada Surabaya Pagi, saat menyaksikan pagelaran wayang kulit.

Menurut Kades Sugini, kegiatan ruwah desa dimulai dengan pembacaan doa bersama yang dihadiri seluruh masyarakat  setempat. Doa bersama  sebagai wujud syukur atas nikmat hasil bumi yang selama ini memenuhi kebutuhan warga.

Baca Juga: Hari ini, Gus Muhdlor Ditetapkan Jadi Tersangka Korupsi, Pilih Enggan Berkomentar

Setelah pembacaan doa bersama, Pemdes Popoh  menggelar hiburan wayang kulit semalam suntuk sebagai bentuk pelestarian seni budaya.

’’Wayang kulit ini dimainkan oleh Ki Sumarsono Plong dari Jombang dengan lakon Wahyu Ponco Sakti ,’’ terangnya.

Baca Juga: Masjid An-Nur Desa Dukuhsari Menjalankan Sholat Idul Fitri 1445 H pada Rabu

Melalui kegiatan ruwah desa ini, Kades Sugini berharap masyarakat Desa Popoh semakin sejahtera dan terhindar dari musibah.

’’Ruwah desa ini tujuannya untuk memohon agar seluruh warga diberi kesehatan dan menjadikan desa yang aman, tentram, dan gemah ripah loh jinawi,’’ pungkasnya. jum

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU