Hendak Study Tour, Dishub Kota Mojokerto Siap Bantu Cek Bus Sebelum Keberangkatan

author Dwi Agus Susanti

- Pewarta

Rabu, 22 Mei 2024 10:57 WIB

Hendak Study Tour, Dishub Kota Mojokerto Siap Bantu Cek Bus Sebelum Keberangkatan

i

SIRAMAHKERTO (Sistem Informasi Rampcheck Kota Mojokerto), sebuah inovasi yang diluncurkan oleh Dishub Kota Mojokerto

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Sekolah, organisasi perangkat daerah (OPD), maupun masyarakat umum yang hendak bepergian dipersilakan untuk berkonsultasi ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto mengecek kelaikan kendaraan yang akan disewa dan digunakan.

“Misal ada OPD, sekolah, dan masyarakat yang mau bepergian, silakan kalau mau konfirmasi ke kami misal kendaraan yang dipakai kirnya hidup atau enggak,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Mojokerto Endri Agus Subianto.

Baca Juga: Ribuan Warga Pamer Kostum Unik, Festival Bakar Sate Kota Mojokerto Seru

Ia berharap ketika ada OPD, sekolah, atau masyarakat yang akan menyewa kendaraan umum untuk bepergian agar betul-betul mengecek dokumen kelayakan kendaraan tersebut.

Endri Agus meminta masyarakat mengecek seperti pajak kendaraan dan uji kirnya masih berlaku atau tidak. Hal tersebut demi mencegah kecelakaan seperti yang terjadi pada rombongan study tour SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang, Jawa Barat, yang mengakibatkan 11 orang meninggal beberapa waktu lalu.

Tak hanya mengecek ke Dishub Kota Mojokerto, masyarakat juga bisa menanyakan langsung ke perusahaan otobus (PO) atau penyedia jasa terkait dokumen kelayakan jalan kendaraan yang akan dipakai.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro turut menghimbau kepada masyarakat untuk memastikan keamanan armada yang akan digunakan. Hal ini sebagai untuk memastikan keselamatan selama perjalanan.

"Untuk masyarakat Kota Mojokerto bisa memanfaatkan  SIRAMAHKERTO (Sistem Informasi Rampcheck Kota Mojokerto), sebuah inovasi yang diluncurkan oleh Dishub Kota Mojokerto," ujar Mas Pj.

Baca Juga: Pasti Seru, Ayo Nonton Festival Bakar Sate Kota Mojokerto Nanti Malam

Inovasi tersebut adalah upaya digitalisasi rampcheck yang selama ini masih dilakukan secara manual. Demi mempermudah akses pelayanan dan menyimpan database agar lebih terorganisir dan aman.

Untuk instansi seperti sekolah, pesantren, kelompok masyarakat, pemerintah atau swasta di Kota Mojokerto yang akan menyewa angkutan umum bus, bisa melakukan permohonan ke Dishub untuk mengecek kendaraan laik jalan atau tidak. 

"Ini gratis dan nanti hasilnya langsung dikirim ke pemohon lewat WA atau email. Untuk pengajuan permohonan rampcheck, bisa melalui siramahkerto.mojokertokota.go.id._ Kemudian mengisi dan mengunggah surat permohonan yang telah dibuat," terangnya.

Dengan inovasi ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran penyedia jasa persewaan angkutan umum agar dapat memberikan layanan terbaik.

Baca Juga: Meriah, Ribuan Warga Mojokerto Jalan Sehat Bersama Mas Pj Ali Kuncoro dan Bupati Ikfina

" Serta meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas karena hal-hal teknis yang seharusnya bisa dicegah," pungkasnya. Dwy

 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU