Desa Sempu di Kota Kediri Masuk 50 Besar ADWI 2024 Kemenparekraf

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 28 Jun 2024 14:06 WIB

Desa Sempu di Kota Kediri Masuk 50 Besar ADWI 2024 Kemenparekraf

i

Suasana di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, KOta Kediri yang masuk 50 besar ADWI 2024. SP/ KDR

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Meskipun berada di lereng gunung, Desa Sempu yang masuk wilayah Kecamatan Ngancar, Kota Kediri terpilih menjadi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Sebenarnya kami tidak menyangka bakal masuk 50 besar. Waktu daftar kemarin (awalnya) unguk menggugurkan kewajiban saja,” ucap sang kepala desa, Eko Soeroso, Jumat (28/06/2024).

Baca Juga: Desa Wisata Kare di Madiun Menangkan Ajang MATA 2024 Disparpora

Harus diakui, potensi desa seluas 274 hektare ini di bidang pariwisata sangatlah besar. Gabungan antara kekayaan alam, kekayaan budaya, serta keramahan penduduknya. Wajar bila menjadi satu dari empat desa di Jatim yang bertahan hingga babak 50 besar.

Desa ini memang mengandalkan kearifan lokal sebagai pemikat wisatawan. Bukan bergantung pada satu destinasi wisata saja. Maka, yang terlibat tak hanya perangkat desa atau investor. Seluruh penduduk terlibat aktif.

“Keunggulan kami memang kolaborasi antara potensi lokal dengan sumber daya dari investor,” sang kades memberi titik tekan.

Baca Juga: Menparekraf Tawarkan Desa Wisata di Banyuwangi ke UN Tourism

Bahkan, semua aktivitas warga bisa dijadikan senjata pemikat. Menjadi bagian dari konsep dewa wisata yang ditawarkan. Termasuk bisa mengikuti tradisi ruwatan, belajar seni jaranan yang ada di desa ini, serta mengikuti pentas budaya.

Bukan hanya jenis wisatanya yang beraneka ragam yang menarik dari Desa Wisata Sempu. Desa yang mendeklarasikan sebagai desa wisata sejak 2011 ini juga menyediakan tempat menginap yang berbaur dengan warga. Tidak di home stay khusus yang hanya diisi oleh penyewa. Melainkan menjadi satu di rumah penduduk. Menggunakan kamar di antara kamar-kamar pemilik rumah.

Baca Juga: Wanurejo Dicanangkan Jadi Desa Wisata Terbaik

“Konsep seperti ini justru dicari oleh pengunjung,” terang Eko.

Kini, Desa Sempu tinggal menunggu penilaian lanjutan. Agar bisa kembali terpilih untuk masuk ke babak yang lebih tinggi. Rencananya, penilaian bagi desa-desa yang masuk babak 50 besar berlangsung Juni hingga September. Meskipun, saat ini belum ada kabar kapan penilai dari Kemenparekraf akan datang. kdr-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU