Home / Otomotif : Kalah Saing dari Rivalnya Tata Punch

Mobil SUV Hyundai Exter Seharga Rp 110 Jutaan Kurang Diminati

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 30 Jun 2024 14:31 WIB

Mobil SUV Hyundai Exter Seharga Rp 110 Jutaan Kurang Diminati

i

Mobil SUV Hyundai Exter. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Model mobil varian SUV Hyundai Exter yang diklaim murah meriah seharga Rp 110 jutaan kurang diminati di India. Meski laku ribuan unit per bulan, angkanya masih kalah dari rivalnya, Tata Punch, Minggu (30/06/2024).

Diketahui, beberapa alasan mengapa Hyundai Exter kalah penjualan dari mobil SUV buatan India itu. Pertama dari sisi desain, rupanya desain Tata Punch secara keseluruhan lebih menarik di mata orang India. Kendati punya tampang futuristis, desain buritan Hyundai Exter disebut-sebut kurang masuk selera pasar India.

Baca Juga: Kolaborasi Hot Wheels dan Honda, Bikin Diecast Terbatas Legenda Civic EG

Selain itu, Tata Punch disebut-sebut lebih cocok untuk pengemudi lanjut usia (lansia). Posisi duduk Punch yang lebih tinggi dan bukaan pintu yang lebih lebar, membuat proses masuk dan keluar menjadi lebih mudah. Mobil ini juga dinilai lebih kokoh dibanding kompetitor asal Korea Selatan itu.

Selanjutnya dari segi performa, di atas kertas Hyundai Exter memiliki keluaran tenaga yang lebih rendah daripada keluaran tenaga Tata Punch. Mesin Exter bisa menghasilkan tenaga maksimal 82 dk, sementara Punch bisa menghasilkan tenaga hingga 87 dk.

Baca Juga: Modifikasi SERES E1 'Vision Future', Eksterior dan Interior Makin Garang

Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah faktor safety-nya. Sejauh ini Hyundai Exter memang belum pernah diuji tabrak. Namun diketahui, mobil ini menggunakan platform yang sama dengan Hyundai Grand i10 Nios. Nah, Hyundai Grand i10 Nios ini sudah di tes tabrak dan hanya meraih bintang dua dari lima. Tentu ini jadi pertimbangan konsumen.

Sebagai informasi, dari laman Motoroids, sejak Desember 2023 hingga Mei 2024, penjualan Hyundai Exter berkisar di angka 7.000-an hingga 8.000-an unit per bulannya. Kalau dibandingkan dengan penjualan Tata Punch, bedanya jauh. Penjualan Tata Punch bisa mencapai angka 17.000-an hingga 19.000-an unit per bulannya.

Baca Juga: Honda Pamer Konsep Sustaina-C dan Pocket, Perdana di ASEAN

Hyundai Exter sejatinya memiliki keunggulan berupa volume bagasi yang lebih luas (391 liter) dibandingkan volume bagasi Tata Punch (366 liter). Namun konsumen di negeri Bollywood sepertinya tidak terlalu memandang keunggulan tersebut. jk-03/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU