68 Persen Responden Beli BTS Meal, Penasaran

Grafis polling

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sudah lebih dari dua minggu sejak "BTS Meal" di McDonald's diluncurkan, dan ini terbukti sukses besar. "BTS Meal" secara resmi dirilis pada 26 Mei, dimulai dari Amerika Serikat dan akhirnya diluncurkan di 50 negara sepanjang Mei dan Juni. Sejak makanan tersebut dirilis ada berbagai adegan gila di negara-negara lain tak lain juga terjadi di Indonesia (resmi diluncurkan pada 9 Juni kemarin).

Antusiasme penggemar BTS (ARMY) di Indonesia terhadap paket spesial menu McDonald's yang berkolaborasi dengan boy group asal Korea Selatan BTS ini, membuat kerumunan dan antrian panjang di berbagai gerai McDonald's. Alhasil, kerumunan tanpa protokol kesehatan itu langsung dihentikan oleh kepolisian, petugas Satpol PP dan Satgas Covid-19.

Menanggapi hal itu, tim Litbang Surabaya Pagi menggelar polling dan jajak pendapat kepada masyarakat (terutama pada KPOPers dan ARMY) dengan pertanyaan terkait apa yang membuat mereka rela beli BTS Meal.

Polling dilakukan tepat pukul 09.00 WIB dan ditutup pukul 17.00 WIB, Kamis (10/6/2021)

Dengan koresponden rentang usia 15 tahun sampai 40 tahun dengan background pelajar, mahasiswa, serta para orang tua dengan domilisi tidak hanya di Kota Surabaya tetapi juga di Sidoarjo dan Gresik.

Metode polling dilakukan menggunakan wawancara langsung menggunakan telepon dan WhatsApp. Selain media itu juga media sosial Facebook , Twitter dan Instagram. Jumlah total responden yang dihimpun sebanyak 160 responden.

Hasilnya, (lihat grafis di halaman 1),  Terlihat dari pertanyaan,  “1 ) . Apa kalian minat akan beli produk BTS Meal (kolaborasi McDonalds dengan BTS) meski isinya gak jauh beda dengan paket McD saat ini?” . Dari pertanyaan pertama tersebut didapat responden yang memilih jawaban A hanya sebanyak 14 persen dan yang memilih jawaban B sebanyak 86  persen.

Untuk pertanyaan kedua “2) Kalau Beli, apa yang diinginkan/dicari dari BTS Meal? “. Dari pertanyaan ini didapat sebanyak 32 persen menjawab A dan 68 persen yang memilih jawaban B

Berikut berbagai alasan dan komentar dari masyarakat yang dihimpun oleh Tim Litbang Surabaya Pagi. Naila, ARMY Sidoarjo  mengatakan alasan kenapa rela beli,  karena menurutnya kalau suka gak butuh alasan.”Saya seorang  ARMY dan kepingin aja. Sebagai fans mereka, ya yang lagi ngikutin tren BTS. Lagian mumpung murah dan bisa dijangkau dengan mudah, bungkus ungunya BTS Meal yang dicari” ujarnya.

Menurut ARMY Surabaya, Rahayani Suci menilai karena memang perdana banget paket BTS Meal masuk di gerai MCD Indonesia. Dan lagi BTS Meal ini uda ditunggu-tunggu banget emang sama yang terutama fansnya BTS. “Kebetulannya juga masuk di McD Indonesia itu jadwalnya paling akhir daripada MCD di negara-negara lain. Dari aku pribadi si, sepertinya lebih banyak yang penasaran, walaupun memang sebagiannya lagi emang ada yang untuk nambahin koleksi merchandise berbau BTS” ujarnya saat diwawancarai tim litbang SP bia WhatApps. Kamis (10/6/2021).

Hal yang sama pun diungkapan beberapa akun di Twitter terkait antusias mereka yang membeli BTS Meal.  “Ga ada alasan, kalau udah sayang ya gimana, terlalu sulit untuk tidak membeli karena bucin McD + ditambah bangtan auto ampuh peletnya gabisa lepassss” tulis akun dengan username @vanillapuffy di twitter.

Sedangkan responden dengan akun @ladychaca menuliskan. “Kenapa rela beli ? ada 7 alasannya. KIM NAMJOON, KIM SEOKJIN, MIN YOONGI, JUNG HOSEOK, PARK JIMIN, KIM TAEHYUNG, JEON JUNGKOOK. Naaaahhh itu alesan nyaa“tulisnya di twitter.

“Alasannya selain penasaran.. kujuga ingin mensupport apapun brand yang collabe sama Bangtan supaya tidak dikecewakan oleh BTS, dan terus menarik perhatian brand lainnya supaya berkembang demi collab sama BTS” –  tulis username @taehviguk di twitter.

Username @itstaemvan pun juga menyatakan antusiasnya membeli karena salah satunya lebih ke harganya yang mudah dijangkau. “ Selain karena penasaran sama saos nya, abis itu ngiler nuggets nya, karena packaging nya unik, karena aku sayang bangtan, karena aku ARMY, karena collab sama bangtan, karena menu nya limited. Dan pastinnya harganya pas di kantong cuma BTS X McD, coba BTS X LV,  gakuat dah” tulisnya.

Sedangkan mbak Song, seorang KPOPers fans dari Kang Daniel ini pun turut antusias membeli BTS Meal. Ia mengaku hanya mengikuti tren KPOP saja “ Aku bukan ARMY tapi alasan kenapa beli ya karena aku KPOPers  yang ga mau ngelewatin event KPOP aja, yang kuincar paperbagnya limited edition”  tulisnya.

Adapun Nala, warga Surabaya Utara  yang menceritakan temannya yang seorang ARMY yang berjuang hanya demi BTS Meal. ” Temenku ada yang sampe rela-relain cuti kerja buat antri BTS Meal. Pas ku tanya "kenapa ngga gofoodin aja ke kantor?" terus dia jawab "biar berasa aja effortnya". Bukan kaleng-kaleng lah emang ARMY ” ujarnya. litbang-sp/ana/cr3/na