Akhir Tahun UPT LKD Disnaker Lepaskan Tenaga Kerja Terlatih

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 15 Des 2020 17:02 WIB

Akhir Tahun UPT LKD Disnaker Lepaskan Tenaga Kerja Terlatih

i

Proses pelatihan kerja di UPT LKD Rejoso, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan. SP/Dir

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Membangun Sumber Daya Manusia ( SDM) yang siap berkompetisi dalam dunia kerja. Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Tenaga Kerja tersebut telah melepaskan 80 tenaga kerja kejuruan yang terlatih

Walau pandemi covid 19 masih belum reda,  dalam menjaga kestabilan ekonomi daerah. Dinas Tenaga Kerja melalui UPT LKD ( Latihan Kerja Daerah ) di jalan Raya Rejoso, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan telah berhasil menghasilkan tenaga kerja dengan skill terlatih pada  selama bulan bulan November hingga bulan Desember 2020 ini.

Baca Juga: Angka Pengangguran Tinggi, Disnaker Kota Batu Gelar Sejumlah Pelatihan

Pelatihan yang diberikan UPT LKD Rejoso, Kabupaten Pasuruan ini tidak dipungut biaya alias Gratis, sebab pelatihan tersebut disubsidi oleh pemerintah yang bersumber dari APBD Pemkab tahun 2020. Ada beberapa keahlian kejuruan yang disediakan oleh UPT LKD tersebut antara lain, pelatihan kejuruan menjahit, Las,  Listrik (pemeliharaan AC), Bengkel, dan Komputer.

Menurut kepala Dinas Tenaga Kerja Drs, Tri Agus Budiharto mengatakan, Kegiatan ini  merupakan tujuan pemerintah daerah dalam membangun  sumber daya manusia (SDM) sehingga setiap individu memiliki keahlian dan dapat membuka lapangan kerja.

Baca Juga: Disnaker Kabupaten Mojokerto Terjunkan Tim Pantau Kepatuhan UMK

Menurut Agus dalam memaksimalkan dan menghasilkan lulusan LKD yang berkompeten maka pihak LKD hanya membatasi hanya 16 peserta pelatihan.

Tidak hanya itu LKD juga  memberikan fasilitas modul-modul pendukung dalam melakukan praktek kerja ini, sehingga peserta latihan langsung melakukan praktek kerja.

Baca Juga: Disperinaker Kota Surabaya Buka Pelatihan 6 Jenis Pekerjaan

"Ya disamping modul-modul pendukung praktek, kami juga memberikan teori terlebih dahulu, sehingga peserta LKD lebih paham dan mudah mengerti saat proses pembelajaran," tutur Agus kepada media ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Tri Agus Budiharto berharap, dengan pemberian pelatihan di UPT LKD nanti mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat sehingga roda perekonomian daerah tetap berjalan stabil, dan menjadi pasuruan yang maslahat dan sejahtera. dir/Adv

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU