Anggarkan Rp 10 M untuk Perbaikan 11 Jembatan Penghubung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 11 Okt 2021 17:38 WIB

Anggarkan Rp 10 M untuk Perbaikan 11 Jembatan Penghubung

i

Jembatan Doplang, salah satu jembatan yang rencananya akan diperbaiki pada tahun ini.

SURABAYAPAGI.COM, Ponorogo - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Ponorogo menganggarkan Rp 10 miliar untuk memperbaiki 11 jembatan rusak di tahun 2021 ini. Jembatan yang diperbaiki adalah jembatan penghubung antar desa dan kecamatan yang ada di Ponorogo.

Dana sebesar Rp 10 miliar tersebut berasal dari dana Alokasi Khusus (DAK) fisik APBD induk tahun anggaran 2021.

Baca Juga: Laka Lantas Mobil Pikap Vs Motor di Ponorogo, 1 Emak-emak Tewas Ditempat

"Baru kita laksanakan jelang akhir tahun karena kita baru menysun DED, yang kedua kita berhati-hati karena dana kita kemarin sebagian besar terkena refocusing," tutur Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Kawasan Permukiman (DPU-PKP), Jamus Kunto kepada wartawan, Senin (11/10/2021).

Jamus menambahkan pihaknya hanya bisa memperbaiki 11 jembatan di tahun 2021. Pasalnya, akibat pandemi COVID-19, pihaknya terkena refocusing Rp 60 miliar dari APBD induk.

"Perbaikan dan pelebaran sebelas jembatan ini harus selesai akhir Desember tahun ini," ujar Jamus.

Saat ini, pihaknya pun tidak bisa sembarangan melakukan pembangunan proyek jembatan karena keterbatasan anggaran. Harus diutamakan yang paling parah dan butuh perbaikan segera.

Berdasarkan data di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemkab Ponorogo tercatat 11 proyek jembatan yang dikerjakan oleh DPU-PKP Kabupaten Ponorogo antara lain, proyek pelebaran jembatan Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko senilai Rp 1,6 miliar, pembangunan jembatan Desa Jonggol Kecamatan Jambon senilai Rp 850 juta, pembangunan jembatan Desa Broto Kecamatan Slahung Rp 2,2 miliar, pembangunan jembatan Desa Beton Kecamatan Siman Rp 750 juta.

Selanjutnya pembangunan jembatan Doplang Desa Bajang Kecamatan Balong Rp 600 juta, pembangunan jembatan Tukung Desa Bulak Kecamatan Balong Rp 600 juta, pelebaran jembatan Ngapak Desa Klepu Kecamatan Sooko Rp 900 juta, pelebaran jembatan Kancil Desa Bedoho Kecamatan Sooko Rp 700 juta, pembangunan jembatan Grogol-Ngadisanan Kecamatan Sawoo Rp 600 juta, pembangunan jembatan Desa Mojopitu Kecamatan Slahung Rp 600 juta, dan pembangunan jembatan Mijil Desa Grogol Kecamatan Sawoo Rp 1,1 miliar.

Baca Juga: Warga Ponorogo Serbu Gerakan Pangan Murah

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU