Bermodal Rp75 Juta, Rosidi Sukses Ciptakan Mobil Berbadan Kayu

Rosidi dengan mobil berbadan kayu buatannya. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Rosidi membuat mobil berbadan kayu sejak dengan menggunakan sasis Kijang 1985. Mobil itu, ia bangun sejak setahun lalu. Tepatnya Maret 2020. Mulai dari desain, proses membangun, hingga mengukir ia garap sendiri. Kecuali masalah kelistrikan dan permesinan. Khusus itu, ia butuh bantuan bengkel.

Rosidi menghabiskan 5 kubik kayu jati. Perkubiknya sekitar tujuh gelondong kayu. Modalnya mencapai Rp 75 juta. Dimensi mobil itu, 4 x 1,5 meter. Belum dicat atau diplitur. Bentuknya seperti kepala truk berkapasitas hanya dua orang. Di belakang ada bak pendek. Di bagian atas ada keranjang untuk menaruh barang.

Pintunya ada ukiran salah satu tokoh wayang punokawan Bagong. Uniknya, engselnya dari besi yang biasa digunakan untuk pintu. Termasuk handle-nya, dengan gagang mirip pintu rumah. Kemudian melihat bagian bawah mobil, bemper dan selebor berhias ukiran khas Jepara. Berupa motif daun dan bunga. Termasuk di bagian velg, ditengahnya juga berhias ukiran bunga.

Pria yang berprofesi sebagai tukang di perusahaan mebel ini mengaku, untuk mencukupi proses membangun mobil kayu, terkadang ia menjadi kuli. Usahanya itu, kin membuahkan hasil. Viral di sejumlah media sosial. Bahkan, sejumlah media meliput ke rumahnya.

Ia mengaku beberapa orang telah menghubunginya untuk menawar mobil kayu buatannya. Namun, karena prosesnya belum rampung, ia tak menghiraukan. Jika sudah rampung dan harga yang ditawarkan cocok, ia rela melepas mobil uniknya itu.

Mobil karyanya itu, merupakan mobil jenis VW Lele. Rencananya, bila proses pembuatannya rampung, ia akan kembali membangun mobil kayu lagi. ”Rencananya ganti buat mobil VW kodok. Kalau ada yang mau pesan juga monggo,” ujar Rosidi sambil tersenyum, Selasa (27/4/2021).

Selain mobil, rupanya ia memiliki kendaraan lain. Sama uniknya. Yakni sepeda motor dari kayu jati. Motor itu bisa dikendarai. Mesinnya menggunakan Honda Supra X. ”Jarang dipakai. Hanya buat muter-muter desa sama istri,” terang Rosidi. Dsy11