Bupati Maryoto Berikan Bantuan Korban Longsor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 25 Okt 2022 19:25 WIB

Bupati Maryoto Berikan Bantuan Korban Longsor

Tiga Warga Tewas dan Dua Luka-luka Akibat Tanah Longsor



Baca Juga: Pemkot Batu Kirim Bantuan untuk Korban Banjir di Jateng

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo bersama dengan jajaran forkopimda setempat meninjau lokasi bencana tanah longsor di Dusun Bantengan, Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Senin (24/10/2022) kemarin siang.

Dimana hal ini sebagai bentuk rasa empati kepada warga masyarakat yang dilanda bencana tanah longsor, hingga mengakibatkan tiga korban jiwa serta dua korban mengalami luka.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengatakan, kunjungannya bersama dengan Forkopimda Tulungagung dilakukan sekaligus untuk memberikan bantuan sumbangan uang dan sembako kepada keluarga korban.

"Kita bersama forkopimda, pak kapolres, pak Dandim dan lain sebagainya datang kemari ke rumah duka korban longsor di Sendang," ujarnya pada Senin (24/10/2022).

Untuk keluarga korban yang meninggal dunia mendapatkan bantuan uang tunai senilai Rp5 juta, sedangkan korban yang mengalami luka-luka mendapatkan bantuan senilai Rp2 juta.

"Kita berikan bantuan uang tunai Rp5 juta bagi yang meninggal dan Rp2 juta bagi yang luka luka," ucapnya.

Baca Juga: Polda Jatim Berangkatkan 50.789 Paket Bantuan Kemanusiaan

Maryoto menjelaskan, selain itu pihaknya meminta biaya perawatan untuk korban luka-luka ditanggung oleh Pemkab Tulungagung.

"Biaya perawatan kami tanggung, ditanggung Pemkab," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Maryoto mengingatkan warga agar tetap memperhatikan musim dan kondisi alam sekitarnya, termasuk memilih lokasi yang aman saat membuat rumah, sehingga tidak berada di lokasi yang rawan longsor dan sebagainya.

"Kami ingatkan agar warga tidak membangun rumah di lokasi yang rawan seperti ini, sebab dulu tahun 2011 juga sempat terjadi hal yang sama dan ada korban juga," tuturnya.

Baca Juga: Polresta Sidoarjo Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Demak

Selanjutnya pihaknya bakal melakukan mitigasi bencana, dengan melibatkan ahli geologi untuk melakukan survey di sejumlah lokasi seperti di Kecamatan Tanggunggunung, Pagerwojo dan Sendang, guna memastikan keamanan warga yang ada di lokasi rawan longsor.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sedikitnya tiga warga Dusun Bantengan, Desa Nyawangan meninggal dunia usai tertimpa longsor susulan, ketika membersihkan material longsor yang menutup badan jalan di desanya, pada Minggu (23/10/2022) sore.

Dimana satu korban meninggal di lokasi kejadian karena tertimbun longsoran yakni Mulyoto. Sedangkan dua korban yakni Darmani (65) dan Kerno (65) yang dalam kondisi kritis meninggal dunia dalam perjalanan ke puskesmas. Untuk dua korban lainnya yang terluka sudah diperbolehkan pulang setelah mendapatkan perawatan yakni Yoni (31) dan Marji (55). Can

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU