Home / Peristiwa : Indek Birokrasi Lamongan Naik jadi BB

Bupati Terima Penghargaan dari MenPAN-RB

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 06 Des 2022 16:55 WIB

Bupati Terima Penghargaan dari MenPAN-RB

i

Bupati Yuhronur Efendi saat menerima penghargaan dari Men PAN-RB, Azwar Anas. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Predikat Indeks Birokrasi Reformasi (IRB) Pemerintah Kabupaten Lamongan naik kelas menjadi BB, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), dan penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri PAN-RB,  Abdullah Azwar Anas kepada Bupati Lamongan Yuhronur Efendi Selasa (6/12) pada acara penganugerahan bersama pelayanan publik dan reformasi birokrasi tahun 2022 yang berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta.

"Ini hasil kerja keras dan kerja sama Lamongan, kita naik kelas menjadi BB dari yang sebelumnya B," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes usai menerima penghargaan.

Baca Juga: Bidhumas Polda Jatim Sabet 2 Penghargaan dalam Rakernis Humas

Pak Yes menyatakan reformasi birokrasi menjadi kunci mewujudkan pelayanan prima dan berkelas dunia untuk masyarakat. Pemerintah Kabupaten Lamongan selaku birokrasi pemerintahan daerah menjadi mesin penggerak sistem pelayanan publik untuk mencapai good governcane dengan 11 program prioritasnya yang salah satunya terdapat program memberikan pelayanan baik kepada masyarakat.

"Salah satu yang menjadi indikator penilaian RB ini ialah pelayanan publik, dan itu menjadi salah satu dari 11 program prioritas kita. Kita ada beberapa program pelayanan yang memudahkan masyarakat juga sudah ditangani secara digital di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, administrasi, kesehatan, sosial, dan lainnya," kata Pak Yes.

Baca Juga: Mentan Bolak Balik ke Lamongan Ingin Pastikan Programnya Terealisasi

Penilaian reformasi birokrasi dilakukan mulai dari periode Juli hingga November tahun ini dengan indeks pemerintahan yang efektif dan efisien, bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), dan memiliki pelayanan publik yang berkualitas.

"Untuk tahun depan ditekankan pada pelaksanaan RB tematik yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi pada pemerintahan dan percepatan program prioritas Presiden antara lain pengendalian inflasi, stunting," terang Pak Yes.

Baca Juga: Atasan dan Bawahan Ini Saling Berhadapan, "Partai" ASN Akhirnya Terbelah

 

Pada kesempatan yang sama diterimakan pula hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat A, hal ini untuk yang ke 5 kalinya Lamongan mendapatkan Sakip predikat A dan diterimakan pula hasil penilaian pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lamongan dengan predikat pelayanan prima. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU