Curi Start, Kena Kartu Merah dan Didiskualifikasi

Atlet atletik, Jaenal Aripin. SP/ Paralimpiade Tokyo

SURABAYAPAGI.com, Tokyo - Atlet atletik, Jaenal Aripin baru saja dikenakan kartu merah dan didiskualifikasi dari pertandingan Paralimpiade Tokyo 2020 cabor atletik nomor 400 meter T54 setelah mencuri start pada ajang tersebut.

Jaenal dikenakan World Para Athletic (WPA) 17.8 dalam aturan tersebut. Artinya, Jaenal didiskualifikasi karena melakukan kesalahan dalam memulai pertandingan.

“Setiap atlet yang melakukan kesalahan start akan didiskualifikasi oleh Starter,” dikutip dari aturan resmi World Para Athletic, Minggu (29/8/2021).

Jaenal didiskualifikasi dan langsung dikeluarkan dari perlombaan yang berlangsung di Tokyo National Stadium, Minggu 29 Agustus 2021. Saat itu, Jaenal memang langsung memulai start lebih awal ketika empat lawannya masih berada di garis.

Saat itu, Jaenal yang berada pada lane ketiga mendahului keempat lawannya saat tembakan aba-aba belum dibunyikan. Sekadar informasi, suara aba-aba yang ditembakan oleh wasit adalah sebanyak dua kali.

Sementara itu, lawan Jaenal yang lain tetap bertanding hingga garis finis. Tercatat, wakil Thailand, Putharet Khongkrak berhasil memenangkan balapan tersebut dengan catatan waktu 47.42 detik.

Di posisi kedua ada wakil dari Inggris, Richard Chiassaro yang mencatatkan waktu 47.88 detik. Chiassaro disusul oleh wakil Prancis (Julien Casoli) dan Meksiko (Juan Pablo Cervantes Garcia) di urutan ketiga dan keempat. Dsy14