Dokter: Tips Atasi Batuk Pilek Anak di Musim Hujan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 07 Nov 2022 20:06 WIB

Dokter: Tips Atasi Batuk Pilek Anak di Musim Hujan

 

SURABAYAPAGI, Surabaya - Dokter Spesialis Anak RS Sari Asih Karawaci, Kota Tangerang dr. Iqbal Zein Assyidiqie, SpA, menyebutkan imunitas tubuh anak menjadi lebih rentan di saat musim penghujan. Anak akan mudah mengalami infeksi. Gejala yang lebih sering adalah batuk dan pilek.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

dr.Iqbal memberikan beberapa tips agar Si kecil tetap bisa ceria dan beraktivitas seperti biasa. Ada beberapa cara untuk mengantisipasi anak agar tidak mudah terserang penyakit, berikut adalah beberapa tipsnya:

Pertama, ajarkan anak agar selalu menjaga kebersihan tangan. Diutamakan dengan menggunakan sabun. Jika tidak ada, bisa menggunakan handsanitizer.

Kedua, Ayah Bunda bisa ajarkan etika batuk dan bersin yang baik pada anak. Ajarkan anak untuk menutup hidung dan mulutnya jika bersin dan batuk dengan sapu tangan, tisu atau lengan sikunya.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Ketiga, pastikan anak-anak memakai masker terutama di saat berada dalam keramaian. 

Keempat, berikan nutrisi yang seimbang, cairan yang cukup dan beristirahat yang cukup agar daya tahan tubuh lebih optimal untuk melawan kuman.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Kelima, dan terakhir, jika diperlukan, bisa diberikan suplemen vitamin. Untuk vitamin apa yang terbaik untuk diberikan, bisa konsultasikan kepada dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.hlt/skt

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU