Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022, Menpora Semringah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 07 Agu 2022 11:48 WIB

Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022, Menpora Semringah

i

Foto Ilustrasi

SURABAYAPAGI.COM, Solo - Presiden Indonesia Joko Widodo resmi menutup ASEAN Para Games (APG) ke-11 tahun 2022 di stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada Sabtu (6/8/2022) malam. Juara umum ajang APG tersebut berhasil diraih oleh Indonesia sebagai tuan rumah dengan perolehan 427 medali, yaitu 176 medali emas, 141 medali perak, dan 110 medali perunggu.

 Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku senang kontingen Indonesia menjadi juara umum di ASEAN Para Games 2022. Amali mengucap syukur karena turnamen multi-ajang ini sudah selesai dilaksanakan dengan baik.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Resmi Tutup ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022

“Kita patut bersyukur pelaksanaan acara ini telah selesai dilaksanakan,” kata Amali dalam pidatonya di Stadion Manahan, Sabtu (6/8/2022).

 Kegiatan yang bertemakan "Striving for Equality" ini, ujar Menpora, diikuti oleh 1.907 orang, yang terdiri dari 1.248 atlet dan 659 ofisial dari 11 negara ASEAN. APG 2022 mempertandingkan 14 cabang olahraga dengan 457 nomor pertandingan yang memperebutkan 1.260 medali baik emas, perak, dan perunggu.

 Tak hanya menjadi juara umum di tingkat negara, Indonesia juga memiliki rapor bagus di sejumlah cabang olahraga, seperti bulutangkis, catur, renang, atletik, blind judo, power lifting, voli duduk, dan tenis meja.

Zainudin Amali melaporkan jumlah medali emas yang diraih Indonesia pada APG 2022 merupakan yang terbesar sepanjang keikutsertaan Indonesia di ASEAN Paragames, mulai ASEAN Paragames I Tahun 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia. Jumlah ini juga melampaui target yang sebesar 104 medali emas.

 "Telah memenuhi target bahkan melampaui dari target awal 104 medali emas yang dijanjikan, melesat jauh ke atas menjadi 176 medali emas," ujarnya.

 Lebih lanjut, Amali pun menyampaikan banyak ucapan terima kasih kepada banyak pihak karena pesta olahraga difabel ini berjalan dengan lancar.

 “Untuk itu, dalam kesempatan ini, kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jokowi yang telah merestui dan memberi arahan kepada kami untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022,” ujarnya.

“Terima kasih juga saya ucapkan kepada para menteri kabinet Indonesia bersatu yang telah bersama-sama membantu pelaksanaan acara ini. Terima kasih juga kepada jajaran pemerintah provinsi dan kabupaten di Jawa Tengah,” tambah Amali .

Baca Juga: ASEAN Para Games 2022, Atlet Jatim Sumbang Tambahan 6 Emas, 1 Perak, dan 2 Perunggu

Tak hanya itu, Indonesia turut mematahkan mitos tuan rumah ASEAN Para Games. Sebelumnya, ajang olahraga multi-event untuk peyandang disabilitas terbesar di Asia Tenggara tersebut tak pernah dimenangi oleh host country dalam lima penyelenggaraan terakhir.

"Lima ASEAN Para Games terakhir, Filipina tidak dihitung, tuan rumah tidak pernah juara umum," kata Sekretaris Pelaksana INASPOC Rima Ferdianto dalam jumpa pers di Swiss-Belinn, Solo, Jumat (5/8/2022) malam.

Sebagai informasi tambahan, Juara kedua diraih Thailand yang merebut 318 medali, dengan rincian 116 medali emas, 116 medali perak, dan 86 medali perak. Menyusul di peringkat ketiga dan keempat dihuni Vietnam dan Malaysia. Masing-masing mengantongi 180 medali dan 70 medali. sl

 

 

Baca Juga: Kesehatan Membaik, Atlet ASEAN Para Games 2022 yang Terpapar Covid-19 Tersisa Tinggal 4 Orang

 

 

 

 

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU