Iwan Bule Diperiksa Sebagai Saksi Tragedi Kanjuruhan, Dicecar 45 Pertanyaan Selama 5 Jam

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 21 Okt 2022 09:36 WIB

Iwan Bule Diperiksa Sebagai Saksi Tragedi Kanjuruhan, Dicecar 45 Pertanyaan Selama 5 Jam

i

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule di Polda Jatim, Kamis (20/10/2022). SP/Ariandi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule menjalani pemeriksaan di Gedung Ditreskrimum Polda Jawa Timur (Jatim) Jatim atas tragedy Kanjuruhan pada Kamis (20/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Iwan Bule diperiksa sebagai saksi sejak pukul 13.00. Pemeriksaan berlangsung selama 5 Jam. Iwan Bule terlihat keluar dari ruang penyidik sekitar pukul 18.00 WIB. Selama pemeriksaan itu, Iwan Bule dicecar 45 pertanyaan oleh penyidik gabungan Bareskrim Polri dan Polda Jatim.

Baca Juga: Polda Jatim: Angka Laka Lantas Turun 43 Persen

Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Timur sekaligus anggota Komite Executive (Exco) PSSI Ahmad Riyadh yang mendampingi Iwan Bule menuturkan, Iwan Bule ditanya mulai dari tugas pokok PSSI hingga pemrograman pertandingan.

"Ada 45 pertanyaan. Pertanyaan kesatu, identitas semua. Selanjutnya pada bagian PSSI, peran PSSI, tugas pokok, sampai ke klub, ke PT LIB sampai ke panpel," ujar Riyadh.

"Sampai security matchcomm semua sudah lengkap sesuai prosedur tahapan bagaimana memprogram pertandingan jadwalnya sampai pengawasan akhir sudah ditanyakan," imbuhnya.

Tak hanya itu, penyidik memeriksa barang bukti yang dibawa oleh pihak PSSI mulai akta pendirian sampai legalitasnya.

Baca Juga: Polda Jatim Tetapkan 3 Selebgram Sebagai Tersangka Kasus Investasi Bodong

"Akta pendirian PSSI, macam-macamnya, legalitasnya semua," kata Riyadh.

Setelah keluar dari ruang penyidik, Iwan Bule bersyukur karena semua berjalan lancar dan sudah selesai.

"Terima kasih, hari ini saya telah mengikuti, melaksanakan (penuhi) pemanggilan di Polda Jawa Timur. Menghadiri. Alhamdulillah, selesai pemeriksaan," ujar Iwan Bule kepada wartawan.

Baca Juga: Polda Jatim Target Zero Accident

Selain itu, setelah diperiksa, Iwan Bule juga meminta maaf lantaran tak bisa hadir saat panggilan pertama pada Selasa (18/10/2022) lalu. Ia mengatakan alasannya bahwa ia harus mengikuti agenda AFC.

"Mohon maaf kemarin panggilan pertama tidak bisa hadir, karena ada kegiatan di Kuala Lumpur, ada rapat di AFC dan FIFA. Nanti untuk materi (pemeriksaan), silakan ke juru bicara saya. Terima kasih, ya. Malam," pungkas Iwan Bule. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU