Jaya Saputra Puji Layanan Keimigrasian di Kanim Tanjung Perak

Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Jawa Timur, Jaya Saputra (tengah) bersama jajaran kepala kantor imigrasi se-Jawa Timur. SP/ Sem

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Layanan care atau person to person yang diterapkan oleh Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I  TPI Tanjung Perak mendapat apresiasi positif dari Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Jawa Timur, Jaya Saputra.

Menurut Jaya, model layanan yang dilakulan oleh Kanim Tanjung Perak dapat membantu masyarakat yang baru pertama kali datang ke kantor imigrasi.
 
"Untuk pelayanan saya rasa kanim Tanjung Perak sudah sangat baik," kata Jaya Saputra, Jumat (15/01/2021).
 
Layanan Kanim Tanjung perak sendiri dapat dirasakan ketika masuk dari pintu depan kantor, sudah terbantu dengan penunjuk arah layanan.
 
Masing-masing petunjuk layanan ditandai dengan warna. Warna merah untuk pengambilan paspor, warna ungu untuk pembuatan paspor baru, warna hijau untuk BAP paspor dan warna kuning untuk layanan WNA atau foreigner service. Ditambah lagi ada jalur khusus bagi disabilitas yang menggunakan kursi roda.
 
"Ini suatu inovasi yang saya kira sangat bagus," katanya
 
Dalam membantu kepengurusan berkas pemohon, kanim Tanjung Perak juga telah menyediakan coworking space yang dilengkapi dengan printer, seperangkat komputer dan jaringan internet.
 
Tak hanya itu fasilitas lain seperti zona main anak, pojok kopi dan ruang baca juga disediakan guna membantu masyarakat nyaman tatkala melakukan pengurusan paspor atau pengurusan lainnya.
 
"Saya berharap ini terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi," ucapnya
 
Dengan model layanan seperti ini, Jaya menegaskan agar ditahun 2021 Kanim Tanjung Perak dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).
 
"Kami akan menggedor kawan-kawan di kanim Tanjung Perak agar di tahun 2021, predikat itu harus diraih," tegasnya. Sem