Laku Rp 1,3 M, Pasar Legi Selatan Ponorogo Mulai Dibongkar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 07 Mar 2023 11:54 WIB

Laku Rp 1,3 M, Pasar Legi Selatan Ponorogo Mulai Dibongkar

i

Pasar Legi Selatan Ponorogo.

SURABAYAPAGI.COM, Ponorogo - Pasar Legi Selatan atau yang lebih dikenal dengan Pasar Lanang Ponorogo mulai dibongkar pada Senin (6/3/2023). Pembongkaran itu dilakukan seiring dengan adanya pemenang lelang pada 27 Februari 2023 lalu.

Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPPKAD) Ponorogo Sumarno mengatakan bahwa pemenang lelang yang bernama Nur Hasan warga Kecamatan Asemrowo, Kota Surabaya tersebut membeli Pasar Lanang seharga Rp 1,3 Miliar lebih. Sementara nilai appraisal dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) adalah Rp430 juta.

Baca Juga: Laka Lantas Mobil Pikap Vs Motor di Ponorogo, 1 Emak-emak Tewas Ditempat

Harga tersebut jika dipersentasekan senilai 218 persen dari appraisal oleh KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang).

“Appraisal oleh KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) limitnya adalah Rp 430 juta. Untuk lelang Pasar Legi selatan tanggal 27 kemarin, nilai limit 430 juta, Alhamdulillah bisa laku 1,380 miliar, jika dihitung persentase, 218 persen,” kata Sumarno, Senin (6/3/2023).

Sumarno menuturkan bahwa pembongkaran ditargetkan selesai dalam waktu dua bulan atau pada 6 Mei 2023 mendatang. Namun, bila pembongkaran lebih cepat dari tenggat waktu, maka tidak dipermasalahkan.

Baca Juga: Dishub Jatim: 3.835 Orang Mudik Gratis, Ponorogo Jadi Tujuan Favorit 

“Kalau lebih cepat juga tidak apa-apa. Tetapi paling lambat nanti selesai membongkarnya adalah 2 bulan lagi atau 6 Mei 2023,” ujarnya.

Menurutnya, hasil nilai penawaran 1,3 Miliar tersebut akan masuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2023 melalui Kas Daerah (Kasda). Adapun sistem lelang pada tanggal 27 Februari 2023 lalu dilakukan secara online. Sehingga ia mengaku tidak tahu jumlah orang yang mengikuti lelang.

“Dana sebesar Rp 1,3 miliar lebih itu masuk ke PAD melalui Kasda. Tidak tahu berapa yang ikut lelang. Kami tahunya ketika ada nama pemenangnya saja,” tutur mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Ponorogo ini.

Baca Juga: Warga Ponorogo Serbu Gerakan Pangan Murah

Nantinya setelah dibongkar, bekas lahan eks pasar lanang direncanakan dibangun dua lantai untuk mall pelayanan publik yang di dalamnya juga ada pujasera. Sementara untuk lantai satu akan digunakan untuk lahan parkir.

“Untuk mal pelayanan publik yang milik Pemkab, 2 lantai. Bawah untuk parkir juga ada pujasera,” tutupnya. pnr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU