Mahasiswa Surabaya Unjuk Rasa Besok

Demo di Surabaya beberapa waktu yang lalu.

Desak KPK Periksa Luhut dan Erick Thohir

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), akan menggelar aksi unjuk rasa mendesak KPK memeriksa Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir atas dugaan penyalahgunaan kekuasaan dalam bisnis tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

Aksi tersebut akan digelar di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (15/11/2021) hari ini.

"Ya betul hari senin nanti (akan gelar aksi)," ujar Ketua Eksekutif Wilayah LMND Jawa Timur Farhan Abdillah Dalimunthe saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (13/11/2021).

Menurut Farhan, aksi tersebut dilakukan sebagai dukungan mahasiswa terhadap KPK agar berani mengusut kasus bisnis tes PCR yang menyeret nama dua menteri kabinet Indonesia Maju tersebut.

 "Di tengah gelombang ketidakpercayaan masyarakat terhadap KPK, momentum ini menjadi kesempatan untuk KPK membuktikan komitmennya mewujudkan pemerintahan bersih. Kami harap KPK tidak loyo," kata Farhan.

Farhan mengatakan bahwa LMND siap untuk mendukung KPK mengusut dugaan keterlibatan Luhut dan Erick Thohir di bisnis PCR.

Aksi yang akan digelar di Surabaya nanti merupakan serangkaian aksi serentak LMND setelah DKI Jakarta, Banten, NTB dan Lampung sebelumnya.

"Pak Firli tidak perlu takut menghadapi Luhut dan Erick Thohir. KPK tidak sendirian, LMND se-Indonesia dan juga rakyat siap mendukung," tegas Farhan. 

Sedangkan, Kasat Intel Polrestabes Surabaya AKBP Wimboko mengatakan, jika pihaknya sudah mendengar aksi demo yang akan digelar pada esok hari.

"Benar, untuk aksi ujuk rasa tersebut sudah kami ketahui. Dan saat ini kita sudah komunikasi ke kedua belah pihak," ujarnya.

Sayangnya, hingga berita ini naik cetak, belum ada update lagi dari pihak LMND. Saat dikonfirmasi Surabayapagi melalu Whatsapp dan DM Instagram, LMND tak merespon. yu