Mahasiswa TP UNESA Beri Pelatihan Pengembangan Video Animasi pada Guru di TK Aisyiyah 66 Simorejosari

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 22 Nov 2022 18:18 WIB

Mahasiswa TP UNESA Beri Pelatihan Pengembangan Video Animasi pada Guru di TK Aisyiyah 66 Simorejosari

SURABAYAPAGI, Surabaya - Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan (TP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memberikan pengembangan video animasi dari Canva sebagai media pembelajaran di TK Aisyiyah 66 Simorejosari Surabaya, Senin (21/11/2022).

Pelatihan terhadap guru di TK Aisyiyah 66 Simorejosari merupakan output yang dihasilkan mahasiswa dari mata kuliah Pengelolaan Pelatihan. Dalam program kampus merdeka belajar ini mahasiswa bersama dosen mempraktikkan dan mengembangkan keilmuan langsung kepada masyarakat. 

Baca Juga: UNESA Gelar Ngaji Bahasa Isyarat Bareng Komunitas Tuli

Pada mata kuliah Pengelolaan Pelatihan ini mahasiswa mendapatkan praktik dan mendapatkan teori. Praktik pada mata kuliah ini output yang dihasilkan berupa perencanaan dan pelaksanaan pelatihan, yang bertujuan agar mahasiswa mampu memecahkan masalah dalam pembelajaran selama pelatihan yang dilaksanakan.

Dr. Fajar Arianto, M.Pd,. Dosen selaku pengampu mata kuliah Pengelolaan Pelatihan memberikan praktik kepada mahasiswa berupa perencanaan dan pelaksanaan pelatihan untuk membuat atau menghasilkan sebuah media pembelajaran dan bertujuan menjadikan mahasiswa inovatif, kreatif, dan kolaboratif, dan unggul dalam jiwa enterpreneur.

Konsep dalam pelatihan video animasi dari Canva sebagai media pembelajaran di TK Aisyiyah 66 dilakukan dengan cara, dimulai dari dasar yakni pengenalan video, karakteristiknya, fungsinya, lalu dijelaskan pengertian dan tools dari Canva, dan dilanjut dengan demonstrasi tutorial pembuatan video animasi dari Canva.

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

zccczccc

Pelatihan video Animasi dari Canva ini membantu para guru dari TK Aisyiyah untuk membuat media pembelajaran sebagai media untuk anak-anak TK agar cara pemahaman secara kognitif mereka dapat terasah.

Baca Juga: UNESA Sajikan Buka Puasa Gratis untuk 2500 Orang Setiap Hari

“Pembuatan  video dari Canva ini benar-benar sangat membantu kami sebagai para pendamping dan sebagai para pendidik untuk membuat mereka tertarik dan terangsang dalam pembelajaran,” ucap Nunik Lestari, S.Pd, salah satu guru TK Aisyiyah 66.

“Seiring berjalannya waktu, banyak sekali media yang mungkin dibutuhkan untuk pembelajaran para anak-anak TK, terutama animasi, animasi seringkali diminati oleh anak-anak karena bentuknya yang mungkin sangat lucu, dan itu membuat para anak didik menjadi interaktif, ” ujar Novitri Kurniawati, S.T., M.Pd merupakan Kepala Sekolah TK Aisyayah 66 Simorejosari Surabaya. fjr/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU