Operasi Zebra Semeru 2022 di Gresik Terapkan Tilang Elektronik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 03 Okt 2022 17:03 WIB

Operasi Zebra Semeru 2022 di Gresik Terapkan Tilang Elektronik

i

Kapolres AKBP Mochamad Nur Azis saat menginspeksi pasukan jelang dimulainya Operasi Zebra Semeru 2022 di Halaman Mapolres Gresik. SP/Grs

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Operasi Zebra Semeru 2022 mulai digelar hari ini (3/10) sampai 16 Oktober 2022. Kegiatan  ini dilaksanakan serentak di seluruh Kepolisian Daerah (Polda) se-Indonesia.

Operasi Zebra adalah operasi lalu lintas yang rutin digelar oleh kepolisian agar para pengguna jalan patuh terhadap aturan lalu lintas dan rambu-rambu yang berlaku dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas). 

Baca Juga: Dipenuhi Kejanggalan, Saksi Perampokan Tragis di Desa Imaan Gresik Ditemukan Tewas di Kebun Jagung

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis mengatakan, Operasi  Zebra kali ini mengusung tema "Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Presisi".

Mekanisme penindakan pada Operasi Zebra Semeru 2022 dilakukan tanpa lagi penggunaan tilang manual, melainkan akan mengandalkan e-TLE (tilang elektronik) yang telah terpasang di sejumlah wilayah di Kabupaten Gresik. 

Baca Juga: Hendak Balapan Liar, Puluhan Remaja dan 50 Motor Diamankan Polisi Gresik

"Operasi Zebra tahun ini dilarang melaksanakan penilangan secara manual, seluruh penilangan dilaksanakan dengan sistem e-TLE statis maupun mobile dan dengan teguran simpatik," ucap AKBP Azis, Senin (3/10). 

Sementara Kasatlantas Polres Gresik AKP Agung Fitransyah menambahkan bahwa pihaknya mengedepankan pengawasan melalui kamera e-TLE dalam penindakan selama Operasi Zebra Semeru 2022. Tilang secara manual hanya akan dilakukan di lokasi yang belum terdapat e-TLE. 

Baca Juga: Polres Gresik Salurkan Bantuan Ratusan Selimut bagi Korban Banjir Jawa Tengah

"Tilang manual mungkin pada tempat-tempat tertentu harus tetap diterapkan. Tapi pelaksanaan penindakan di banyak titik akan mengedepankan tilang elektronik," jelas AKP Agung.

Berikut ini tujuh pelanggaran sasaran Operasi Zebra Semeru 2022: Pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara; Berkendara melawan arus; Pengemudi atau pengendalian di bawah umur; Sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang; Sepeda motor tidak menggunakan helm SNI dan mobil tidak menggunakan safety belt; Melebihi batas kecepatan; Pengemudi dalam pengaruh alkohol. grs

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU