Pahlawan Timnas Swiss yang Tepis Tembakan Kylian Mbappe

Yann Sommer, kiper timnas Swiss. SP/ UEFA

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Timnas Swiss tampil luar biasa jelang babak 16 Besar Euro 2020 di Arena Nationala, Bucharest, Rumania, Selasa (29/6/2021) dini hari WIB berkat aksi Yann Sommer menepis tembakan Kylian Mbappe di babak adu penalti membuat Swiss melaju ke perempat final Euro 2021.

Saat itu, ada lima penendang Swiss menjalankan tugasnya dengan sempurna. Sementara, di kubu Prancis, Namun Ddi laga itu Mbappe menjadi satu-satunya pemain Prancis yang gagal dalam adu penalti setelah empat eksekutor sebelumnya sukses.

Yann Sommer, kiper timnas Swiss, kebobolan tiga gol di waktu normal. Sommer kemudian menjadi pahlawan ketika dia menepis penalti Mbappe. Sommer menjalani momen yang luar biasa pada babak 16 Besar Euro 2020 ini.

"Kami selalu percaya, kami selalu mengatakan jika kami turun, kami akan pergi ke akhir dan tidak menyerah. Itu adalah kesempatan kami untuk lolos. Sungguh luar biasa bagaimana kami bermain," tegas Sommer.

Kiper dari klub Borussia Monchengladbach ini mengatakan, teman-temannya bermain dengan hati dan menampilkan karakter dari Swiss. Baginya, ini adalah kemenangan indah yang akhirnya bisa mengantarkan Swiss melaju ke perempat final turnamen besar.

"Pertandingan yang luar biasa! Malam sepakbola yang luar biasa. Ini adalah kesempatan kami untuk akhirnya lolos ke babak 16 besar, karena kami tidak pernah berhasil sebelumnya. Luar biasa, kami bermain dengan hati dan dengan karakter. Ini luar biasa," kata dia.

Yann Sommer selalu dibawa Swiss ke sejumlah turnamen besar: Piala Dunia 2014, Euro 2016, Piala Dunia 2018, dan kini Euro 2020. Pada turnamen yang disebut terakhir, ia membuat sensasi dengan menepis sepakan penalti Kylian Mbappe.

Bagi Swiss, keberhasilan lolos ke perempat final Euro 2020 adalah sejarah baru. Sebab, ini adalah langkah paling jauh Swiss di Euro 2020. Sebelumnya, Swiss hanya mampu mencapai babak 16 Besar sebagai catatan terbaik. Dsy15