Ramadhan, Harga Ikan Laut Alami Kenaikan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 22 Apr 2021 15:43 WIB

Ramadhan, Harga Ikan Laut Alami Kenaikan

i

Pedagang ikan di TPI Brondong tengah menjajakan ikannya. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Sepuluh hari pertama bulan ramadhan tahun ini, pasokan ikan laut ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Brondong Kabupaten Lamongan sedikit menurun. Karena pasokan berkurang, harga ikanpun alami kenaikan meski tidak signifikan.

Karena harga ikan laut di bulan sebelumnya, seperti disampaikan oleh Bambang Tri, Kepala UPT TPI Brondong, sudah naik sehingga kenaikan ikan saat Ramadhan kali ini tidaklah signifikan.

Baca Juga: Gus Muhdlor Gelar Open House untuk Masyarakat, 15.000 Porsi Makanan Disiapkan

"Harga ikan kenaikannya tidak signifikan, karena kenaikan ikan laut sudah terjadi sejak bulan Februari, kecuali  ada kelangkaan jenis ikan tertentu," kata Bambang menerangkan, Kamis (22/4/2021).

Dari data yang dipunyai UPT TPI Brondong lanjut Bambang, ikan yang masuk pada bulan Maret lalu mencapai 5.047.691 kg/ 5.047 ton, dengan harga rata-rata 23.599/kg. Sedangkan pada periode bulan April atau saat puasa, ikan yang masuk tonase diangka  4.235.898 kg/ 4.235 ton, dengan harga rata-rata 30.366/kg.

Pasokan ikan dari para nelayan ini lanjut Bambang, selanjutnya akan dikirim ke berbagai daerah bahkan sampai ke luar negeri. "Ikan dikirim ke Surabaya, Jakarta, Bandung, dan lain-lain. Ada juga yang dikirim ke 5 perusahaan Luar Negeri, tapi hanya untuk beberapa ikan khusus saja, dan untuk sebagian juga kita distribusikan ke pasar lokal," paparnya

Baca Juga: DPC Peradi Sidoarjo Bagikan 300 Takjil dan Santunan untuk Anak Yatim

Bambang menambahkan, bahwa Ramadhan memang tak mempengaruhi harga ikan, yang mempengaruhi harga ikan adalah jumlah hasil tangkapan. "Jika melimpah harga ikan murah dan sebaliknya jika hasil tangkapan sedikit harga ikan akan melonjak. Lalu berdasarkan pengamatannya, terkait pemasaran ikan juga lumayan bagus," jelasnya.

Sementara itu, Tabri (56), seorang pedagang ikan eceran di TPI Brondong menyebutkan, saat ini  harga ikan kakap merah berada di kisaran Rp 70 ribu per kilogram, Ikan tongkol berada di kisaran Rp 20 ribu,  per kilogram untuk tongkol lorek, kalau walang harganya kisaran Rp 25 ribuan ke atas per kilogram, untuk ikan togek di kisaran Rp 20 ribuan per kilogram.

Sedangkan jenis ikan lainnya yang semuanya hampir mengalami kenaikan, meskipun tidak terlalu signifikan. Tentu, dari semuanya itu tergantung size, permintaan pasar, dan pasokan dari hasil tangkap nelayan. "Sekitar sudah satu minggu lebih ini mengalami sedikit kenaikan," terangnya.

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

Tabri juga berharap, jelang Hari Raya Idul Fitri permintaan ikan bisa semakin meningkat. Pasalnya, tangkapan nelayan biasanya mulai melimpah, sehingga penjual harus menghabiskan hasil tangkap tersebut agar pada saat Lebaran, tidak ada tanggungan stok ikan yang menumpuk. jir

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU