Ratusan Nelayan di Situbondo Terima Sertifikat Tanah

Bupati Situbondo Karna Suswandi saat memberikan sertifikat tanah kepada nelayan secara simbolis

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Ratusan nelayan di Situbondo menerima sertifikat dari Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui program Sertifikasi Hak Atas Tanah (Sehat).

Bupati Situbondo Karna Suswandi meminta kepada nelayan yang tanahnya telah bersertifikat bisa memanfaatkannya sebagai jaminan untuk mendapatkan tambahan modal dan pengembangan usaha dari lembaga keuangan.

"Karena saat ini dengan sertifikat tanah ini, nelayan tidak kesulitan meminjam modal usaha ke pihak perbankan," kata Bung Karna, sapaan bupati, dalam sambutannya di acara penyerahan sertifikat tanah secara simbolis di Ponpes Miftahul Ulum Desa Langkap, Kecamatan Besuki, Situbondo, Senin (23/8).

Menurut dia, selama ini para nelayan masih kesulitan mengakses permodalan dari lembaga keuangan karena tidak punya jaminan (sertifikat tanah). Namun, saat ini sudah bisa meminjam modal ke perbankan dengan sertifikat tanah.

Bung Karna mengingatkan para nelayan benar-benar memanfaatkan sertifikat tanahnya untuk pengembangan usaha, bukan dijadikan agunan di perbankan untuk hal lainnya.

"Bapak/ibu tolong manfaatkan sertifikat tanah ini untuk pengembangan usaha, bukan pinjam uang ke bank untuk hal lainnya," tuturnya.

Ia menambahkan, dengan sertifikat tanah tersebut memberikan jaminan hukum atas tanahnya dan sehingga kehidupan masyarakat lebih bermartabat.

"Sekali lagi kami minta para nelayan penerima sertifikat program Sertifikasi Hak Atas Tanah (Sehat) agar memanfaatkannya untuk usaha, yang tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan sendiri," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Sopan Efendi mengemukakan penyerahan sertifikat tanah untuk para nelayan melalui program Sehat sebanyak 100 bidang sertifikat untuk nelayan Desa Pesisi, Kecamatan Besuki.

"Sedangkan 93 bidang sertifikat untuk pembudi daya ikan di Desa Kalimas (Kecamatan Besuki). Terima kasih kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN)," katanya.

Dari pantauan, penyerahan sertifikat tanah program Sehat itu juga dihadiri Wakil Bupati Situbondo Nyai Hj. Khoirani, Ketua TP PKK Juma'ati Karna Suswandi, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.