Ratusan Tukang Becak di Situbondo Terima BST

Bupati Situbondo Karna Suswandi didampingi Ketua TP PKK Juma'ati Karna Suswandi menyalurkan bansos tunai kepada tukang becak di Alun-Alun Besuki Situbondo. Rabu (11/8/2021).

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Ratusan tukang becak mendapat bantuan sosial tunai di Alun-Alun Kecamatan Besuki, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (11/8). Dalam kesempatan tersebut, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengajak seluruh tukang becak untuk mengikuti anjuran pemerintah dengan mengikuti vaksinasi COVID-19 guna membentuk kekebalan komunal (herd immunity) di masa pandemi.

"Ayo berjemur bersama-sama, karena berjemur baik untuk kesehatan di masa pandemi ini. Harapan kami panjenengan semua (tukang becak) mengikuti anjuran pemerintah, yakni melakukan vaksinasi," kata Bung Karna, sapaan bupati.

Menurut dia, vaksin sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menjadi benteng pertahanan tubuh dari paparan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), serta untuk menekan laju persebaran virus corona di Situbondo.

Selain itu, Bung Karna juga mengingatkan kepada sekitar 200 orang tukang becak penerima bantuan uang tunai yang sumber anggarannya dari APBD kabupaten itu, agar mereka tetap mematuhi protokol kesehatan.

Mengenai bantuan sosial uang tunai Rp300.000, lanjut dia, merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat pelaku usaha kecil, seperti tukang becak yang pendapatannya berkurang akibat terdampak penerapan PPKM.

"Kami memahami bahwa pendapatan panjenengan berkurang selama pandemi dan penerapan PPKM. Bantuan uang tunai meski tidak seberapa ini tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan dilihat jumlahnya, semoga bermanfaat," tuturnya.

Kata Bung Karna, Pemkab Situbondo menyiapkan anggaran bansos tunai untuk 6.430 tukang becak dan pedagang kaki lima (PKL) terdampak penerapan PPKM. Penyaluran bantuan uang tunai ini dilakukan secara bertahap dengan melibatkan Satgas COVID-19 kecamatan.

 

"Setelah kami menyalurkan bansos tunai ke tukang becak di Besuki, bertahap kami akan menyalurkan bantuan uang tunai kepada PKL di Besuki. Ini dilakukan secara bertahap karena kami juga perlu verifikasi data penerima," ujarnya.

Penyaluran bansos tunai juga diberikan kepada sekitar 200 orang tukang becak di Kecamatan Asembagus. Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Wakil Bupati Khoirani, Dandim 0823 Letkol Inf. Neggy Kuntagina serta Wakapolres Kompol Pujiarto, juga turut membagikan bansos tunai kepada penerima, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.