RUPST Bank Jatim Bagikan Deviden Rp 733 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 03 Mei 2021 21:47 WIB

RUPST Bank Jatim Bagikan Deviden Rp 733 Miliar

i

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dipimpin Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di kantor Bank Jatim, Senin (3/5/2021). SP/Byob

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2020 (RUPST TB 2020), di Ruang Bromo, Kantor Pusat lantai 5, Surabaya. Dengan laba bersih yang tercatat Rp 1,49 Triliun, dalam RUPST TB 2020, Bank Jatim juga membagikan Rp 733,5 Miliar kepada para pemegang saham Bank Jatim di lantai bursa.

Baca Juga: Terima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha Presiden RI, Khofifah: Penghargaan Ini di Persembahkan Untuk Warga Jatim

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, disela-sela RUPST TB 2020, Senin (3/5/2021).

"Pada RUPS Tahun Buku 2020 Bank Jatim berhasil membagi dividen sebesar Rp 48,85 / lembar saham. Nilai tersebut naik dari dividen tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 48,20 / lembar saham. Secara keseluruhan, total dividen yang dibagi kepada pemegang saham adalah sebesar Rp 733.507.081.305,70 atau sebesar 49,26 persen dari laba bersih Tahun Buku 2020," jelas Busrul Iman.

Menurut Busrul, pembagian dividen yang selalu meningkat setiap tahunnya menjadikan saham BJTM sebagai salah satu saham favorit pilihan masyarakat dalam berinvestasi.

Selain itu, dalam Tahun Buku 2020, Bank Jatim juga telah dipercaya oleh pemerintah untuk menjadi salah satu BPD yang menyalurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) selama pandemi Covid-19. "Kepercayaan tersebut merupakan peluang dan salah satu instrumen Bank Jatim yang harus dimaksimalkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan mendorong pemulihan ekonomi di Jawa Timur khususnya di tengah pandemi," kata Busrul.

Secara teknis, tambah Busrul, mekanisme penyaluran dana PEN tersebut dilakukan dengan 2 (dua) pola yaitu direct loan dan two step loan yang disalurkan pada sektor UMKM, konsumsi, dan korporasi. "Sampai dengan 31 Desember 2020, Bank Jatim telah berhasil menyalurkan Dana PEN kepada 72.499 Debitur dengan nominal sebesar Rp 6,86 Triliun dan berhasil mencatatkan pencapaian 171,58 persen dari target nominal yang ditentukan," jelas Busrul.

Bahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang turut hadir dan mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai Pemegang Saham Pengendali di BJTM, mengucapkan terima kasih terhadap penguatan sektor UMKM di Jawa Timur.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

"Kedepan kami ingin tetap fokus untuk bisa memberikan pendampingan UMKM dan memberikan pembiayaan serta penguatan UMKM agar dapat menembus market dalam negeri maupun luar negeri," ujar Khofifah, Senin (3/5/2021).

Selain itu Khofifah juga memberikan apresiasi terhadap digitalisasi sistem yang telah dilakukan Bank Jatim sehingga menjadi catatan penting sebagai bagian dari perluasan digitalisasi sistem yang harus dilakukan dan diadaptasi oleh seluruh lembaga keuangan di Indonesia.

Dalam pelaksanaan RUPST TB 2020 ini, masih dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, dalam kegiatan Senin (3/5/2021) kemarin digelar beberapa skenario.Diantaranya skenario pertama, para pemegang saham dapat memberikan kuasa kepada Biro Administrasi Efek tanpa mengurangi hak pemegang saham untuk hadir.

Skenario berikutnya, bagi pemegang saham yang ingin mengikuti jalannya RUPS tanpa hadir secara langsung dapat menyaksikan pelaksanaan RUPS melalui live streaming.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

Pada RUPS Tahunan Tahun Buku 2020 kali ini, selain pembagian deviden, juga dilakukan perubahan pengurus. Khususnya perombakan struktur Dewan Komisaris di Bank Jatim.

Dalam RUPST TB 2020 itu, Bank Jatim memberhentikan dengan hormat anggota Dewan Komisaris yang berakhir masa jabatannya yaitu Komisaris Utama Akhmad Sukardi, Komisaris Budi Setiawan, Komisaris Independen Candra Fajri Ananda, dan Komisaris Independen Rudi Purwono.

Selain itu rapat juga menyetujui untuk mengangkat kembali Candra Fajri Ananda sebagai Komisaris Independen. Sehingga susunan Dewan Komisaris Bank Jatim setelah pelaksanaan RUPS TB 2020 adalah untuk Komisaris Independen Muhammad Mas’ud, Komisaris Independen Candra Fajri Ananda dan Komisaris dipimpin oleh Heru Tjahjono. byb/cr2/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU