Sapu Bersih Grup A, Italia Catat 10 Clean Sheet dan 31 Gol

Skuad Italia merayakan gol Manuel Locatelli ke gawang Swiss, Euro 2020. SP/ SP Photo

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Tim Nasional (Timnas) Italia mampu menyapu bersih dua pertandingan Grup A Piala Eropa 2020 dengan kemenangan saat melawan timnas Swiss. Pertandingan tersebut menorehkan catatan Gli Azzurri julukan Timnas Italia yang memenangkan 10 pertandingan beruntun dan mencetak 30 gol kemenangan.

Sejauh ini, Italia telah meraih dua kemenangan tanpa kalah di fase grup dengan catatan enam gol dan belum kebobolan sama sekali. Namun itu belum ada apa-apanya, karena torehan Italia dalam cakupan yang lebih besar sangat gemilang.

Menurut catatan, Italia telah membukukan 10 clean sheet terhitung sejak pertengahan bulan November tahun 2020 lalu. Torehan pertamanya didapatkan ketika mengalahkan Estonia dengan skor 4-0 dalam laga uji coba.

Italia sukses memenangkan seluruh 10 pertandingan tersebut, termasuk dua di UEFA Nations League dan tiga dari kualifikasi Piala Dunia 2022. Secara keseluruhan, Gli Azzurri menorehkan 31 gol tanpa kebobolan sama sekali.

Swiss mampu bertahan dari tekanan Timnas Italia pada awal pertandingan. Akan tetapi, Timnas Italia mampu membuka skor melalui sepakan Manuel Locatelli pada menit ke-26.

Keunggulan Timnas Italia atas Swiss baru bertambah di babak kedua, tepatnya pada menit ke-52. Locatelli kembali mencatatkan namanya di papan skor dengan sepakan dari luar kotak penalti.

Penderitaan Swiss justru bertambah pada menit ke-89. Kali ini, Ciro Immobile yang mencatatkan namanya di papan skor untuk Gli Azzurri. Timnas Italia pun menang 3-0 sekaligus mengamankan tiket 16 besar.

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini, pun puas dengan permainan pasukannya. Gli Azzurri menekan Swiss hampir sepanjang pertandingan.

“Kami menciptakan beberapa peluang dan pantas menang. Kami berjuang pada menit-menit awal, tetapi kemudian kami menekan mereka tinggi-tinggi dan memaksa mereka membuat kesalahan,” kata Mancini, dikutip dari laman resmi UEFA, Kamis (17/6/2021).

“Para pemain melakukannya dengan sangat baik. Itu tidak mudah, pertandingan kedua mereka dalam lima hari dan itu (cuaca) sangat panas,” ucap mantan juru taktik Manchester City itu.

Kini, Italia tinggal menyisakan satu pertandingan lagi di fase grup. Yakni melawan Wales yang diselenggarakan di Stadio Olimpico pada hari Minggu (20/6/2021) mendatang. Mereka hanya butuh hasil seri untuk memastikan diri sebagai juara grup.

Berkat perolehan tersebut, timnas Italia dapat dipastikan bakalan berusaha meraih kemenangan atas Wales, yang juga cuma butuh hasil seri agar bisa lolos ke 16 besar. Dsy5