Sebanyak 30.100 KK di Jombang Terima Bansos Tunai dari Kemensos

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 12 Mei 2020 12:35 WIB

Sebanyak 30.100 KK di Jombang Terima Bansos Tunai dari Kemensos

i

Penyerahan bansos tunai dari Kemensos oleh Bupati Jombang di Kantor Pos Jombang. (SP/M. Yusuf)

SURABAYAPAGI.Com, Jombang - Bantuan sosial (Bansos) tunai untuk keluarga penerima manfaat (KPM) terdampak Covid-19 dari Kementerian Sosial (Kemensos) di Kabupaten Jombang dicairkan.

Bansos sebesar Rp 600 ribu ini di launching di Kantor Pos Cabang Kabupaten Jombang. Dan bantuan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Jombang, Hj Mundjodah Wahab kepada kpm.

Baca Juga: Pemkab Gresik Salurkan Bansos Kepada Warga

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menuturkan, bahwa sebanyak 24 ribu KK pencairan bansos dari Kemensos lewat PT Pos dan yang melalui bank himbara yang langsung masuk ke rekening ada 6000 KK.

"Jadi masing-masing KPM menerima uang sebanyak Rp 600 ribu. Hari ini launching mulai dari PT Pos Indonesia, selanjutnya diteruskan ke desa-desa. Nanti petugas PT Pos akan mendatangi balai desa," tuturnya, usai launching, Selasa (12/5/2020).

Biar nanti, terang bupati, ada ruang untuk tetap memakai physical distancing, atau jaga jarak dan memakai masker semuanya. Jadi agar tidak ada kerumunan dan terlalu mepet sesuai dengan protokol kesehatan.

Kepala Kantor Pos Jombang, Deki Ermawan menjelaskan, penyaluran hari ini ada di Kecamatan Diwek, Kecamatan Jogoroto, dengan sebagian wilayah Kecamatan Jombang yang pagi ini launching di kantor pos.

"Dan pada hari berikutnya akan diikuti dari Kecamatan Gudo, Kecamatan Perak dan Kecamatan Bandarkedungmulyo," jelasnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Ratusan Warga Sumokembangsri Terima Bansos Beras

Deki menegaskan, nanti sudah ada jadwal yang sudah disusun. Kemudian melakukan koordinasi dengan jajaran pemerintah daerah setempat.

"Untuk pencairan bansos dari Kemensos ini, kami mengcover dengan totalnya 24.100 KK untuk yang penyaluran melalui PT Pos Indonesia," tegasnya.

Total bantuan sosial untuk KPM terdampak Covid-19 dari Kementerian Sosial, yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan Bank Himbara (BRI, BNI dan Bank Mandiri) di Kabupaten Jombang sebanyak 30.100 KK.

Sementara, salah satu warga yang mendapat bansos dari Kemensos, Ninik Suwarti, warga Kelurahan Kaliwungu mengungkapkan, dirinya sangat berterima kasih dan merasa lega sekali dengan adanya bantuan ini.

Baca Juga: Bansos Anak Yatim di Malang akan Naik

"Saya mendapat Rp 600 ribu selama tiga bulan. Uang ini akan saya gunakan untuk makan, buat kebutuhan keluarga. Sebelumnya saya berjualan kopi di Alun-Alun Jombang," ungkapnya.

Kemudian, lanjut Ninik, dengan adanya Covid-19, jualannya diberhentikan, sehingga tidak bisa jualan lagi. Dulu penghasilan kalau ramai mencapai Rp 300 ribu setiap hari.

"Sekarang tidak ada usaha, gak penghasilan sama sekali karena di rumah terus. Alhamdulillah sekarang.dapat bantuan, bisa buat kebutuhan keluarga di rumah, untuk anak," pungkasnya. (suf/dsy)

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU