Selama PPKM, Aparat Secara Masif Giatkan 3-T

Kapolres Gresik dan Dandim 0817 menyaksikan petugas melakukan tes swab antigen kepada pengunjung di sebuah kafe. SP/ M. AIDID

SURABAYAPAGI.com, Gresik - Operasi penegakan disiplin protokol kesehatan di masa PPKM gencar dilakukan aparat penegak hukum dan kesehatan. Bahkan sesekali dilakukan patroli skala besar dengan melibatkan banyak instansi, Minggu (17/1/2021).

Seperti yang terjadi semalam, aparat gabungan yang terdiri dari Polres Gresik dan polsek jajaran, Kodim 0817, Satpol PP baik dari Gresik dan pemprov serta petugas dinkes setempat menyisir beberapa lokasi yang biasa menjadi tempat berkumpulnya warga.

Petugas gabungan ini menyisir kafe, warung kopi dan lokasi yang berpotensi menjadi tempat kerumunan, patroli gabungan skala besar ini langsung dipimpin Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto dan Dandim 0817 Letkol Inf Taufik Ismail.

Patroli gabungan diawali dengan memeriksa dan menghimbau pengunjung di Alun-Alun Kota. Kemudian dilanjutkan menyisir kafe dan warung kopi yang masih rame pengunjung di wilayah Gresik. Sebanyak 14 pengunjung yang masih nongkrong di warung kopi langsung dilakukan rapid test antigen oleh petugas Dinkes Gresik.

Kapolres AKBP Arief Fitrianto mengatakan, penertiban protokol kesehatan tidak hanya digelar gabungan dari polres saja melainkan juga diikuti serentak seluruh jajaran polsek.

Selain melaksanakan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan petugas juga malakukan testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan).

"Dengan mengetahui orang yang positif maka bisa dilakukan isolasi dan penanganan yang tepat sehingga ada pencegahan penularan dan dapat menekan penyebaran virus Covid 19," kata perwira dengan dua melati di pundak itu. did