Si Pahit yang Tingkatkan Imun Tubuh dan Turunkan Demam

Tanaman sambiloto yang diolah menjadi jamu dan kapsul herbal. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Tanaman sambiloto sering dijadikan sebagai jamu atau obat herbal dengan rasanya yang pahit namun menyehatkan, salah satunya sebagai antiinflamasi, antibakteri, antipiretik, serta analgesik.

Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania mengatakan salah satu keunggulan dari sambiloto adalah bisa menurunkan suhu badan saat demam. Bahkan, sambiloto juga bisa meredakan batuk, sakit tenggorokan dibandingkan dengan perawatan standar atau obat herbal lainnya.

"Sambiloto ini ternyata juga bisa menurunkan demam atau bersifat antipiretik. Jadi, ketika ada infeksi virus yang sering sekali terjadi demam. Nah dengan sambiloto demamnya bisa turun," ujarnya, Selasa (24/8/2021).

Selain itu, menurut dr. Inggrid, sambiloto berfungsi sebagai imunosupresan, yakni suatu senyawa yang digunakan untuk menekan respon imun, meredakan hiper inflamasi, mengatasi penyakit autoimun, atau mencegah penolakan transplantasi.

"Nah, untuk herbal Indonesia yang bersifat stimulant sebenarnya memiliki kemampuan sebagai imunosupresan, misalnya sambiloto, jahe merah. Jadi artinya menekan respon imun jika berlebihan," katanya.

Lebih lanjut, dr. Inggrid menjelaskan dalam kasus Covid-19 juga sering ditemukan badai sitokin yakni kondisi respons imun yang berlebihan sehingga sel tubuh ikut dirusak dan terjadi peradangan yang berlebihan. Saat kondisi ini terjadi, diperlukan supressi untuk menekan respon imun yang berlebihan.

Daya tahan tubuh menjadi hal penting yang harus dijaga agar terhindar dari infeksi virus dan penyakit. dr. Inggrid menjelaskan sambiloto merupakan salah satu imunomodulator, tanaman herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh (imunostimulan).

"Sambiloto ini juga bersifat imunostimulasi. Ditemukan dalam beberapa penelitian sambiloto bersifat antivirus. Banyak virus yang bisa diatasi dengan sambiloto," katanya.

Senada dengan dr. Inggrid, Medical Manager of Kalbe Consumer Health dr. Helmin Agustina Silalahi juga mengatakan sebagai imunomodulator, sambiloto bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh bisa terhindar dari infeksi virus dan penyakit.

"Ada hal-hal yang menyebabkan kita jadi sakit, ada faktor virusnya, lingkungan, dan yang pasti faktor daya tahan tubuh sendiri. Saat terjadi peradangan hebat yang berlebihan ini artinya imun tubuh kita sudah bermasalah. Untuk itu, kita memerlukan daya tahan tubuh untuk diaktifkan kembali dengan menggunakan immunomodulator," katanya. Dsy9